Sunday, June 6, 2010

10 Benteng tertua di Indonesia

10. Benteng Pendem, Cilacap. 1861
Benteng Pendem Cilacap (Belanda: Kusbatterij od de Lantong te Cilacap), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986.
Benteng Pendem dahulunya merupakan markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah yang didesain oleh arsitek Belanda. Benteng Pendem difungsikan hingga tahun 1942. Ketika perang malawan Pasukan Jepang, benteng ini berhasil dikuasai Jepang. Tahun 1941, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh sekutu; sehingga, benteng ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah. Dalam penguasaan TNI, benteng ini digunakan para pejuang kemerdekaan berlatih perang dan pendaratan laut.

9. Benteng Du Bus (Fort Du Bus), Papua 1828
Fort Du Bus merupakan benteng pertama pasukan Hindia Belanda yang berdiri di Papua. Berdiri pada 24 Agustus 1828.
Berdirinya benteng ini menandai dimulainya koloni Hindia Belanda di Papua. Nama benteng ini diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa saat itu, L.P.J. Burggraaf du Bus de Gisignies.
Meskipun daerah Papua sudah sejak tahun 1823 dianggap oleh pemerintah Belanda sebagai bagian dan tanah jajahan Belanda di Kepulauan Nusantara, kekuasaan pemerintah jajahan itu baru sungguh-sungguh terwujud di Papua pada akhir abad ke-l9.

8. Benteng De Kock (Fort De Kock), Bukittinggi. 1825
Fort de Kock adalah benteng peninggalan Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Fort de Kock juga nama lama Bukittinggi.
Benteng ini dibangun semasa Perang Paderi pada tahun 1825 oleh Kapt. Bauer di atas Bukit Jirek dan awalnya dinamai Sterrenschans. Kemudian, namanya diubah menjadi Fort de Kock, menurut Hendrik Merkus de Kock, tokoh militer Belanda.
Di tahun-tahun selanjutnya, di sekitar benteng ini tumbuh sebuah kota yang juga bernama Fort de Kock, kini Bukittinggi.

7. Benteng Victoria (Fort Victoria), Ambon. 1775
Benteng Victoria merupakan tempat bersejarah yang terletak tepat di pusat kota Ambon. Benteng tertua di Ambon ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, yang selanjutnya diambil alih oleh Belanda. Belanda kemudian menjadikan benteng ini sebagai pusat pemerintahan untuk mengeruk harta kekayaan masyarakat pribumi, berupa rempah-rempah yang melimpah di bumi Maluku.
Pada masa pemerintahan Belanda, benteng ini berfungsi strategis, yakni sebagai pusat pemerintahan kolonial. Di depan benteng terdapat pelabuhan yang digunakan sebagai jalur perhubungan laut antar pulau. Melalui pelabuhan ini pula kapal-kapal Belanda mengangkut hasil rempah-rempah untuk didistribusikan ke beberapa negara di benua Eropa. Bersebelahan dengan benteng ini, juga terdapat pasar yang menjadi tempat untuk mempertemukan komunitas para pedagang pribumi. Benteng ini juga digunakan sebagai tempat pertahanan dari berbagai serangan masyarakat pribumi yang melakukan perlawanan. Dan, tepat di depan benteng inilah pahlawan nasional bernama Pattimura digantung, yakni pada tanggal 6 Desember 1817.

6. Benteng Vastenberg (Fort Vastenberg), Solo. 1745
Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, benteng ini dibangun, sekaligus sebagai pusat garnisun. Di seberangnya terletak kediaman gubernur Belanda (sekarang kantor Balaikota Surakarta) di kawasan Gladak.
Bentuk tembok benteng berupa bujur sangkar yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut seleka (bastion). Di sekeliling tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang. Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk persiapan pasukan atau apel bendera.

5. Benteng Malborough (Fort Malborough), Bengkulu. 1713
Banteng Marlborough (Inggris:Fort Marlborough) adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Tahun 1793, serangan kembali dilancarkan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris, Robert Hamilton, tewas. Dan kemudian di tahun 1807, residen Thomas Parr juga tewas. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris.

4. Benteng Portugis (Fort Portugis), Jepara. 1632
Benteng Portugis, adalah sebuah benteng peninggalan sejarah yang terdapat di desa Banyumanis yang berdekatan dengan desa Ujung Batu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Konon benteng tersebut diperkirakan dibangun Pemerintah Mataram pada tahun 1632 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa.
Saat ini Benteng Portugis merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Jepara. Lokasi benteng tersebut juga berdekatan dengan Pulau Mandalika.

3. Benteng Belgica (Fort Belgica), P. Banda. 1611
Benteng Belgica pada awalnya adalah sebuah benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira, Maluku. Lama setelah itu, di lokasi benteng Portugis tersebut kemudian dibangun kembali sebuah benteng oleh VOC atas perintah Gubernur Jendral Pieter Both pada tanggal 4 September 1611. Benteng tersebut kemudian diberi nama Fort Belgica, sehingga pada saat itu, terdapat dua buah benteng di Pulau Neira yaitu; Benteng Belgica dan Benteng Nassau. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.

2. Benteng Keraton Buton (Buton Hill Fort), Bau bau. 1597
Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Pada tahun 2006 Benteng ini masuk daftar Genuiness World Records sebagai Benteng terluas di Dunia. Benteng peninggalan Kesultanan Buton tersebut dibangun pada tahun 1597 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji yang bergelar Sultan Kaimuddin. Pada awalnya, benteng tersebut hanya dibangun dalam bentuk tumpukan batu yang disusun mengelilingi komplek istana dengan tujuan untuk mambuat pagar pembatas antara komplek istana dengan perkampungan masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan. Pada masa pemerintahan Sultan Buton IV yang bernama La Elangi atau Sultan Dayanu Ikhsanuddin, benteng berupa tumpukan batu tersebut dijadikan bangunan permanen. Pada masa kejayaan pemerintahan Kesultanan Buton, keberadan Benteng Keraton Buton memberi pengaruh besar terhadap eksistensi Kerajaan. Dalam kurun waktu lebih dari empat abad, Kesultanan Buton bisa bertahan dan terhindar dari ancaman musuh.

1. Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam), Ujung Pandang. 1545
Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan.


sumber:
http://id.wikipedia.org/
http://wikimedia.org/
http://aliefatul.wordpress.com/
http://almascatie.wordpress.com/
http://tourdesingkarak.com/
http://wasagediveclub.com/
http://travelblog.org/
http://matanews.com/
http://koteka.net/
http://tinypic.com/
http://indahnesia.com/
http://mediaranahjaya.blogspot.com
http://lovez-indunesia.blogspot.com/

ads

Ditulis Oleh : Buret Hari: 4:25 AM Kategori:

29 komentar:

  1. tempat-tempat bersejarah yang harus dilestarikan untuk daya tarik wisatawan.

    ReplyDelete
  2. kekokohannya tak Lekang oLeh waktu. bangunan bersejarah yang patut diLestarikan.
    terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  3. aset sejarah yg tak ternilai ....hmmm

    bukti sejarah yg ada di negri ini

    ReplyDelete
  4. biarpun udah lama tapi bangunannya masih nampak kokoh

    ReplyDelete
  5. bukti nyata sejarah kita,yg terkadang di jadikan pusat pemerintahan oleh penjajah....

    ReplyDelete
  6. aduh kren sklgus seremn2 jg y har @_@?
    muup br ksini lg har,byk tgs ^^
    oh y mngenai om rame, ya ampyunnn emang hari ngiranya aq marah y sm c om??itu becanda lho har,coba dibaca lg deh kta2Quw..,wkwkwkwk
    ywd deh sgitu aja nnti mmpir lg ^^

    ReplyDelete
  7. wow komplit banget neh info tentang sepuluh Benteng Tertua di Indonesia. Berkewajiban penuh bagi kita untuk melestarikan dan mempromosikannya. Salah satu nya melalui postingan yang keren ini.. Tnx yah info nya.. :)

    ReplyDelete
  8. hmmmantep banget deh,, emang benteng rotterdam keren bgt dah katanya yang udah kesana,, :)

    menyimpan banyak mystery and history :)

    well done

    ReplyDelete
  9. bangunan yang sangat kokoh

    ReplyDelete
  10. sayang di Bali gag ada..jd gag masuk deh

    ReplyDelete
  11. I LOVE INDONESIA dengan segala budaya serta keunikannya..

    ReplyDelete
  12. berkunjung kembaLi untuk Lebih memaknai makna dari sejarah.

    ReplyDelete
  13. keren ini info! suatu sejarah yang tak ternilai!

    ReplyDelete
  14. welehhh fort rotterdam sudah tua kalii

    ReplyDelete
  15. Very nice post. I really enjoy the reading. I come here from the google while searching for some good article.Thanks

    http://grocerycouponslist.com

    ReplyDelete
  16. benteng takeshi ada ga ya??? hehehehe
    kan nanti bisa dapat uang... ama masuk tipi lagi.... hehehhee

    ReplyDelete
  17. INFO: ada sedikit review untuk tuLisan om_buret, terima kasih tuLisan-tuLisan si_om teLah menambah inspirasi saya daLam mengembangan keanekaragaman konsep pada bLog saya.

    ReplyDelete
  18. benteng keraton buton hampir mirip greatwall china... he he he,...

    ReplyDelete
  19. coba bangunan mall sekarang kokoh kayak benteng...bisa - bisa muncul 10 mall tertua di indonesia he he

    ReplyDelete
  20. wah nice infonih..
    kren berikut dengan photonya..
    thanks om buat infonya.. :)

    ReplyDelete
  21. yang paling menarik buat pak liek adalah benteng pendem ...

    ReplyDelete
  22. wah keren bgt fotonya benteng rotterdam, ujung pandang..... nice post sob....

    ReplyDelete
  23. yg bukittinggi dah liat
    yg jogja masih muda ya?

    ReplyDelete
  24. Wah luar biasa penulis blognya benar2 peduli sejarah indonesia, salut!

    ReplyDelete
  25. terima kasih atas informasinya
    sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share

    mobil amerika

    ReplyDelete
  26. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! model mobil

    ReplyDelete
  27. harga suzuki swift bekasApril 10, 2014 at 12:52 AM


    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Suzuki Swift bekas

    ReplyDelete

 

Sahabat

My Photo
Terima kasih telah berkunjung, senang bertemu dengan anda.

my friends

1stymnetworker.com
A
adifc.blogspot.com
adventureshomefamilytravel.blogspot.com
adwamm.blogspot.com
aguestri.co.cc
aiaenciel.blogspot.com
Media Ranah Jaya
aliemw.blogspot.com
alycutes.co.cc
amrusujud.blogspot.com
anaxkolonx.blogspot.com
andhikawardhana.blogspot.com
anggasona-anotherbestblog.blogspot.com
animanga-sign.blogspot.com
archv3nture.blogspot.com
ary-putra.blogspot.com
askmsrecipe.com
azzmie-ajach.blogspot.com
B
bagi-bagi-rejeki.co.cc
bahrinvicible.blogspot.com
bali-indonesia-tourism.com
bengkel-sehat.blogspot.com
bertoiastool.com
bilaqalbuberbicara.blogspot.com
blog2010hardi.blogspot.com
Media Ranah Jaya
blogarikayu.blogspot.com
blogcbox.blogspot.com
blogrevokeren.blogspot.com
blogsukadi.blogspot.com
brijakartaveteran.blogspot.com
boot-dh.blogspot.com
bringinfo.co.cc
butikbella.co.cc
buxbagptc.blogspot.com
C
cahayailmukomputer.com
cituzones.blogspot.com
clavsupclose.blogspot.com
clovercello.blogspot.com
Media Ranah Jaya
coklatchoc4u.blogspot.com
collection27.blogspot.com
Contactcustomerservicenow.com
cruel-kidz.blogspot.com
cuirast.blogspot.com
cyberdreambox.blogspot.com
cyberworlds.at.ua
D
deasy-world.blogspot.com
dede-spirit89.blogspot.com
delsajoesafira.blogspot.com
denchiel78.blogspot.com
deniacil.blogspot.com
Media Ranah Jaya
dhalboet-mumet.blogspot.com
dj-site.blogspot.com
downloadallulike.blogspot.com
donygol.blogspot.com
dphantomman.blogspot.com
E
edyworld.blogspot.com
electric-power-plant.blogspot.com
eloklangita.blogspot.com
emberde.co.cc
Media Ranah Jaya
empatmimpi.blogspot.com
etamgrecek.blogspot.com
F
fairyfha.blogspot.com
faisalrozi.blogspot.com
fajarbukan.blogspot.com
fallcash.net
finalkt3.blogspot.com
Media Ranah Jaya
finips.com
foolstars.blogspot.com
Free IT Ebooks
freedom-of-live.blogspot.com
freeportabledownload.blogspot.com
fonts-guru.blogspot.com
freeck.co.cc
G
gamutu.co.cc
gapbloger.blogspot.com
gerbangmini.co.cc
giant41.blogspot.com
Media Ranah Jaya
gwe-echa.blogspot.com
H
halamansamping.blogspot.com
healthy-withus.blogspot.com
heryanto-h2o.blogspot.com
historynasta.blogspot.com
Media Ranah Jaya
huyuh.blogspot.com
hwasso.ucoz.org
I
iammysuperhero.blogspot.com
icemap.org
impads.hpage.com
inamuth2.blogspot.com
infobuatkamu.co.cc
Media Ranah Jaya
informasibermanfaat.blogspot.com
informationofskincare.blogspot.com
inicuma.blogspot.com
intuisiblog.com
immodigitalstudio.blogspot.com
inovasibiz.com
intikali.blogspot.com
invidel.com
isdaryanto.com
it-internettech.co.cc
ita-agusdiary.blogspot.com
iwandah.blogspot.com
J
jakabanda.blogspot.com
jatipurno-jtp.blogspot.com
jepangsong.blogspot.com
jh3riz24.net
jocysworld.com
Media Ranah Jaya
joanbonney.com
joli.extra.hu
K
Kajian Islam
kintaro-kun.blogspot.com
klepeut.blogspot.com
kmeidiyanto.blogspot.com
Media Ranah Jaya
kompilasiku.blogspot.com
kristiyanashinta.blogspot.com
L
lembagapelatihan.blogspot.com
libujen89.blogspot.com
lifeandpersonality.info
Media Ranah Jaya
limacahaya.blogspot.com
live-record.co.cc
loveto-share.blogspot.com
lucyaman.blogspot.com
lylikemuzics.blogspot.com
M
mamanachman.blogspot.com
manajemenemosi.blogspot.com
mancagok.blogspot.com
mangacan.blogspot.com
Media Ranah Jaya
marvelousmotherhood.blogspot.com
matahari-pagi.com
Media Ranah Jaya
memikatcahaya.com
meriam-sijagur.com
meworldwords.blogspot.com
mikexplorer.1stymnetworker.com
mimi-moneyonline.blogspot.com
mixedfreshinfo.blogspot.com
mobilephoneandlifestyle.blogspot.com
monyet-nyasar.blogspot.com
mpthreelyrics.blogspot.com
musikgratissaja.blogspot.com
muzzymusthofa.blogspot.com
mybannermaker.com
mybeautyflash.blogspot.com
myguidestar.blogspot.com
myriadifa.com
N
nagapasha.blogspot.com
nak4michi.blogspot.com
narzis.net
naturaltoothpowder.blogspot.com
netsum.co.cc
newsspecials.blogspot.com
Media Ranah Jaya
nugroscom.blogspot.com
O
odahadma.blogspot.com
oempak.blogspot.com
om-rame.blogspot.com
opinibureto.blogspot.com
ordinaryblog.info
Media Ranah Jaya
originoflifestyle.blogspot.com
ozenks.blogspot.com
P
pakuban.co.cc
pariwisatadanteknologi.blogspot.com
party-zurka-fashion-music-sport.blogspot.com
Media Ranah Jaya
peluang-usaha-sendiri.blogspot.com
penghuni60.blogspot.com
phiefri.blogspot.com
pigvids.com
pongkring.blogspot.com
ponselhp.blogspot.com
punya-radenmas.blogspot.com
putrasangpejuang.blogspot.com
Q
R
rahmabasel.blogspot.com
rattlenetwork.blogspot.com
rendyriskianto.blogspot.com
republikmonitor.blogspot.com
Media Ranah Jaya
rezarenaldi.blogspot.com
rijaningrum.blogspot.com
rinda-holic.blogspot.com
rindas-template.blogspot.com
ririn.web.id
rismahutabarat.blogspot.com
roedy-workathome.blogspot.com
roza29.blogspot.com
ruangsc.blogspot.com
rumus-soal.blogspot.com
S
saidialhady.com
saktiyp.blogspot.com
salehali.blogspot.com
sarahsmart.co.cc
Media Ranah Jaya
satriyoku.blogspot.com
satuharisaja.blogspot.com
searchaplikasi.blogspot.com
sehat-mu.blogspot.com
selfesteemblogforwomen.blogspot.com
sensortransducer.blogspot.com
septyo-adi.blogspot.com
sh1rleyz.blogspot.com
simbakri.blogspot.com
siwok.blogspot.com
skincare.co.cc
T
talkinghammie.blogspot.com
TerGapteK.com
toplah.blogspot.com
Media Ranah Jaya
tovarossi.blogspot.com
tugala.blogspot.com
U
ultimate12.blogspot.com
ummiega.blogspot.com
umpukakahsig.blogspot.com
Media Ranah Jaya
unjabisnis.blogspot.com
uun-halimah.blogspot.com
V
W
wandhe-go.blogspot.com
warlordmedia.blogspot.com
warnatulisan.blogspot.com
wawan-friends.blogspot.com
Media Ranah Jaya
whitehackcommunity.co.cc
wirednotes.blogspot.com
woodenbeddesigns.com
X
Y
yanadzul.blogspot.com
yastyash.blogspot.com
yugiborneo.blogspot.com
yuliani89.blogspot.com
Media Ranah Jaya
yupzszone.blogspot.com
yuuddaa.blogspot.com
Z