Opini yang lain: 10 Air terjun bawah tanah di Indonesia

10 Air terjun bawah tanah di Indonesia

1. Air terjun Gua Seropan, Yogyakarta
Gua seropan terletak di desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, dan mempunyai panjang 888 meter.
Keistimewaan gua seropan akan anda dapatkan mulai dari luar gua hingga masuk kedalam perut gua. Mulai dari luar gua anda akan dimanjakan dengan tebing- tebing kapur yang bisa anda taklukan, digua ini anda bisa menemukan 13 jalur panjatan dengan berbagai tingkat kesulitan yang bervariasi, panjat tebing diluar gua seropan cocok bagi anda yang baru belajar panjat tebing dan masih pemula, jadi tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Dimana anda akan menemukan air terjun setinggi 7 meter.

2. Air terjun Gua Buni Ayu, Sukabumi
Goa Buni Ayu pada awalnya lebih dikenal sebagai Goa Cipicung, hal tersebut disebabkan kerena lokasi goa yang berada di wilayah kampung Cipicung. Akan tetapi beberapa penelusur goa lebih mengenal nya sebagai Goa Siluman. Akan tetapi semenjak berada dibawah Pengelolaan Perum Perhutani mulai tanggal 26 Pebruari 1992 nama goa tersebut berubah menjadi Wana Wisata Goa Buniayu.
Goa Buni Ayu merupakan goa alam yang masih alami didalam nya anda akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn,drapery, gourdam, canopy maupun ornamen goa lainnya. Selain itu terdapat pula binatang yang telah mengalami perubahan fungsi inderanya dikarenakan pengaruh lingkungan goa seperti: laba-laba, jangkrik, ikan, ular, kelelawar (megachiroptra),kadal, udang, walet (collocalia) serta beragam jenis binatang lainnya.
Anda juga akan menemukan sungai bawah tanah, air terjun, serta danau dalam goa seluas + 1 hektar.


3. Air terjun Gua Petruk, Kebumen
Gua Petruk merupakan salah Obyek wisata di Kabupaten Kebumen. Obwis (obyek dan Pantai Logending, dimana lokasinya berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan. Karena anehnya bentuk-bentuk stalaktit dan stalagmitnya, nama-namanya pun terdengar aneh, seram, atau lucu, misalnya: batu layon (mirip mayat), bajul putih (mirip buaya), atau batu helikopter, dan lain-lain. Bahkan ada stalaktit yang menggantung di lantai gua yang rendah yang bulat-bulat mirip payudara. Di dalam gua ini juga terlihat adanya sejumlah sendang dan air terjun kecil.

4. Air terjun Gua Pule jajar, Yogyakarta
Gua Pule Jajar merupakan salah satu gua yang memiliki sistem sungai bawah tanah dan air terjun setinggi kurang lebih 5 m. Secara administratif Gua Pule Jajar berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini dapat ditempuh dari yogyakarta menuju ke pantai wediombo, gunung kidul.

5. Air terjun Gua Ngerong, Tuban

Gua Ngerong terletak di Desa Rengel Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.Gua ini merupakan lokasi wisata alam Kabupaten Tuban, meskipun terbatas di sekitar mulut gua. Gua Ngerong memiliki sungai bawah tanah yang debit airnya sangat besar sehingga mampu di fungsikan untuk irigasi sawah sekitar.
Gua Ngerong mempunyai panjang lorong sekitar 1800 meter. Tinggi air dalam gua sangat bervariasi dari 0,5-3 meter pada musim kemarau, sedangkan pada musim penghujan dapat mencapai 3 meter. Mulut gua berukuran besar dengan lebar dan tinggi 4-8 dan 2-7 m. Di dalam gua ditemukan air terjun yang tingginya 5 meter yang disebut dengan “Grojokan Sewu”. Lorong gua berakhir pada sebuah danau kecil tempat keluarnya mata air

6. Air terjun Gua Cerme, Yogyakarta

Gua cermai berada di dusun Srunggo, Selopamiro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, dengan perjalanan 20 Km kearah Selatan dari pusat kota Yogyakarta, gua ini berada di dataran tinggi, saat perjalaan menuju kegua ini pun anda akan menyaksikan keindahan alam bersama landscape pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Yang menjadi daya tarik tersendiri didalam gua ini adalah adanya air terjun kecil yang ada didalam gua ini, jarang gua yang mempunyai keunikan seperti ini.

7. Air terjun Gua Jatijajar, Kebumen

Gua Jatijajar, sebuah tempat wisata yang menjadi ikon wisata di Kabupaten Kebumen. Gua ini membentang sepanjang +/-250 meter dengan lebar rata-rata 25 meter dengan ketinggian 15 meter, sehingga memudahkan para pengunjung untuk memasukinya.
Lorong gua sepanjang ratusan meter dihiasi dengan deretan gurdam dan air terjun. Lorong gua di bawah gua Jatijajar ini disiapkan menjadi objek wisata minat khusus. Untuk memasuki sendang di dalam Gua Jatijajar dikeramatkan dan dijadikan sebagai tempat berziarah.

8. Air terjun Gua Lueng Jaran, Pacitan
Gua Lueng Jaran yang terletak di Gunung Sewu, Pacitan, Jawa Timur. Kabarnya gua tersebut sangat panjang dan bertingkat-tingkat, selain itu gua tersebut juga menjanjikan pemandangan yang spektakuler bagi mereka pecinta olah raga penelusuran gua.
Sebuah ekspedisi yang pernah dilakukan oleh kelompok Australia-Inggris berhasil memetakan gua ini dengan panjang 20 km. Hasil ini berbeda seclikit dengan pemetaan yang pernah dilakukan kelompok penelusur gua dari Universitas Gajah Mada (Mapagama) yang menunjukkan kalau gua ini mempunyai panjang 21 km. Perbedaan jarak tempuh tersebut tentu menunjukkan bahwa, olah raga penelusuran gua memang sering menghadapi berbagai kendala yang cukup sulit. “Olah raga penelusuran gua memang membutuhkan keahlian khusus.

9. Air terjun Gua Liang Puruk, Kalimantan Tengah 

Liang Puruk merupakan gua vertikal dengan mulut gua terletak pada sebuah cekungan runtuhan (collapse doline) dengan dua sungai kecil masuk ke dalam gua yang membentuk air terjun. Lorong gua panjangnya sekitar 355 m dengan berbagai tipe lorong. Lorong fosil bersubstrat tanah dan guano dari kelelawar dan walet. Lorong aktif merupakan lorong panjang dengan beberapa air terjun berketinggian sekitar 5 m di mulut gua dan sekitar 10 meter di dalam gua. Sungai bawah tanah bersubtrat batuan beku karena batu gamping terletak di atas batuan beku. Ornamen gua berkembang dengan baik seperti kanopi, mikrogordam, batu aliran (flowstone), stalaktit dan stalakmit. Beberapa air masuk (inlet) yang berasal dari sistem celah rekahan membentuk kolam-kolam air yang dihuni oleh beberpa jenis fauna akuatik yang unik. Lorong berakhir pada sebuah lorong dengan atap yang rendah. Namun diduga aliran sungai berlanjut sampai ke Liang hajuq. Altitude: 350 m dpl. Panjang : 354,7 m (terpetakan), >400 m (terobservasi). Tipe : vertikal, lorong aktif. (Juni, 2003, Cahyo Rahmadi dan Y.R. Suhardjono, Museum Zoologicum Bogoriense Bidang Zoologi, Puslit Biologi LIPI Cibinong, Bogor)

10. Air terjun Gua Liang Hajuq, Kalimantan Tengah

Liang hajuq yang panjangnya mencapai hampir 2km. Sementara lorong yang dipetakan hanya 1,5 km. Namun gua ini masih diduga akan lebih panjang dari yang diperkirakan. Liang hajuq mempunyai mulut gua yang besar, didepannya terdapat bongkah batu yang besar. Lorong-lorongnya besar dan lebar, namun setelah disusuri lorongnya semakin rendah dan ditemukan sungai bawah tanah. Sungai ini merupakan kelanjutan dari sungai yang ada di Liang Puruk. Sungai dengan lebar sekitar 4 m dan kedalaman sekitar 0,5 m ini mempunyai arus yang cukup deras. Di beberapa tempat ditemukan air terjun dengan ketinggian sekitar bervariasi dari 4 m sampai 7 m. Liang hajuq ini merupakan gua yang dihuni burung walet dan menghasilkan beberapa kilogram sarang burung. Gua ini juga dijaga dua orang yang tinggal didepan mulut gua. Di beberapa lorong yang dihuni burung walet juga ditutup dengan pagar kayu untuk melindungi gua dari jarahan orang yang tidak bertanggung jawab.


source:
http://www.platjogja.com/
http://bisnis-jabar.com/
http://dimz-niceboy.blogspot.com/

136 comments:

  1. Kalo kita ke sana, sebenarnya seram juga ya. Gelap dan berliku.

    ReplyDelete
  2. wah kbanyakan berada di kepulauan jawa ya sob :)

    ReplyDelete
  3. Kotaku dekat Jogja, tapi aku belum pernah ke gua yang ada di Jogja..
    Tapi setelah baca artikel ini saya sudah sedikit tau :D

    ReplyDelete
  4. Sungguh indah dan menakjubkan ya


    hebat

    ^_^

    ReplyDelete
  5. goa jati jajar aku pernah sob... keren juga loh :)
    salam kenal

    ReplyDelete
  6. Insyaallah kalau ada rezeki kepengen kesana gan..hahahyyy

    ReplyDelete
  7. keren sob..
    tapi gak pernah kesana..
    hahahaa....

    ReplyDelete
  8. Hadir lagi mas menyapa sahabat....

    ReplyDelete
  9. Great Blog..!!!! Keep Blogging....

    ReplyDelete
  10. boleh juga tutorialnya, di save page as dulu ahhh

    ReplyDelete
  11. Mantap Sob artikelnya. Ada foto yang besarnya ga Sob?

    ReplyDelete
  12. artikel yang bermanfaat sekali, izin untuk mengshare ulang..

    Salam Sahabat dari saya

    ReplyDelete
  13. wah indah banget air terjunnya

    ReplyDelete

  14. Makin mantab aja ni sob informasinya

    ReplyDelete
  15. saya ikut nyimak artikelnya... sangat bermanfaat banget

    ReplyDelete
  16. ikut postingan disini lagi ya

    ReplyDelete
  17. jangan lupa mampir balik lagi ya

    ReplyDelete
  18. bagus banget info nya gan








    thanks

    ReplyDelete
  19. bagus banget infonya




    maksih gan

    ReplyDelete
  20. bermanfaat banget infonya bagi saya


    makasih gan

    ReplyDelete
  21. trimakasih banyak buat informaisnya gan.
    salam kenal ajach ya.

    ReplyDelete
  22. Excellent try Sharon. Inquire some of your mates that like devices.
    I’m sure they might help.
    Look at my web site aisquared.com

    ReplyDelete
  23. May possibly My partner and i discover you are by Queensland?
    You will could be seen as a strong Hawaiian :2)
    Also visit my webpage - Http://Www.Kacsca.Com/Index.Php?C=210&P=41

    ReplyDelete
  24. Put it off! Or simply certainly not! I just published to
    Stephen’s e-mail deal with from your several position this
    also occasion I didnrrrt receive an oversight information.
    This implies they almost certainly received the knowledge he sought coming from myself (banking account selection, etcetera)
    and from now on impeded this e-mail target by having an
    error communication which often states “Eric’s e-mail deal with is just not correct anymore”, however it’s in all probability ready to go
    again. Evidence is My partner and i delivered some text to help their address originating from a distinct area (one of
    my alternative e-mail covers) and I could not receive an blunder message… darn…tghthgthgg Dennis help me personally adhere
    to this comprehensive resume within your corporation. We have
    previously routed our resume for a organization mail, you should I needed your vital effect.
    My homepage : Genital Warts Removal

    ReplyDelete
  25. pengen liat langsung dech,tapi pasti tempatnya sulit dijankau

    ReplyDelete
  26. subhanallah,, ternyata di tempat tersembunyi seperti goa ada pemandangan yang sangat indah

    ReplyDelete



  27. Beritanya mennarik untuk di simak,

    makasih ya gan atas infonya


    ReplyDelete

  28. mantap juga nie gan sangat menarik.........

    ReplyDelete
  29. gua yang di sukabumi dan di yogyakarta sangat indah sekali yaa pemandangan soalnya tidak sepeti gua gua seperti biasanya

    ReplyDelete
  30. Sangat mempesona sekaligus sangat mengerikan, hihihi
    bagus-bagus air terjunnya dan batu-batu yang terbentuk pun sangat beragam, jadi kepingin nih mampir kesana, tapi jika mampir mungkin harus bawa banyak temen ya? kalo nggak ihhhh, serem kyk nya :-)..

    ReplyDelete

  31. ikut posting disini lagi ya
    jangan lupa mampir balik lagi ya

    ReplyDelete
  32. Superb advice coming from Scott. I like the point he
    made concerning for an specialist in a very unique area.
    It is worked well for me. I’m at this time without a job,
    nonetheless picking up a fair number of plan perform. Many thanks
    for placing the job interview. Joost is amongst the most effective in terms of SEO/Wordpress.
    My blog post Removing Genital Warts

    ReplyDelete
  33. wah ini sangat luar biasa, air terjun yg baru aku tahu,rupanya ada juga yg dibawah tanah, sangat menarik dan bermanfaat informasinya sobat
    jangan lupa mampir juga sobat
    salam...

    ReplyDelete
  34. wah ternyata di indonesia masih banyak keindahan yang belum banyak diketahui masyarakat..

    ReplyDelete
  35. air terjun yang ada di gua cerme Yogyakarta sangat indah sekali, saya jadi ingin melihatnya lebih dekat lagi

    ReplyDelete
  36. bukan hanya kebudayaan dan makanan tradisionalnya sja yang beragam di Indonesia, ternyata terdapan keindahan alam yang egitu menakjubkan... itulah kebesaran Tuhan yang menciptakn alam yang begitu indahnya

    ReplyDelete
  37. My buddy advised I will such as this website. This individual appeared to be appropriate.
    The following absolutely produced my day time. You are unable
    to picture the time I'd used trying to find that.
    My website :: Rid Genital Warts

    ReplyDelete
  38. meskipun indah, tapi saya belum pernah mengunjunginya satu pun

    ReplyDelete
  39. I love with all the beautiful scenery waterfall

    ReplyDelete
  40. turns out the natural beauty in Indonesia are still many who do not know it all

    ReplyDelete
  41. Petruk cave waterfall, Kebumen was very beautiful, I am interested to visit

    ReplyDelete
  42. Discoid lupus, they end up disappointing many of my favorite pair of nice beach umbrellas,
    plop yourself down. Joint pain in my local library, Andrew Weil has also been
    found to subside, whereas a further clue that lupus
    patients, depression, bruising, weight loss and sensitivity to sunlight.
    Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan trombositopenia berat disertai perdarahan dan purpura terjadi pada 10% 20% pasien SLE
    Delafuente, 2002.

    Here is my page: lupus specialist Raynham Center
    my page: Lupus Specialist Raynham Center

    ReplyDelete
  43. Stunning story there. What occurred after? Good luck!


    Here is my web site more information

    ReplyDelete
  44. Hi there everybody, here every person is sharing
    such know-how, so it's good to read this web site, and I used to pay a visit this weblog all the time.

    my webpage: visit link

    ReplyDelete
  45. This design is spectacular! You certainly know how to keep
    a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost.
    ..HaHa!) Great job. I really enjoyed what you had to say, and
    more than that, how you presented it. Too cool!


    Also visit my web-site more info

    ReplyDelete
  46. This paragraph will help the internet viewers for setting up new webpage or even a weblog from start to end.


    Here is my blog post ... more information

    ReplyDelete
  47. This article presents clear idea designed for the new
    users of blogging, that actually how to do blogging and site-building.


    Here is my web page :: Website

    ReplyDelete
  48. Excellent post. I used to be checking continuously this weblog and I am impressed!
    Extremely useful information specially the closing
    phase :) I deal with such information much.

    I used to be looking for this certain information for a long time.
    Thank you and good luck.

    My homepage - minerals processing equipment

    ReplyDelete
  49. Hi everybody, here every person is sharing these familiarity, so it's good to read this web site, and I used to visit this blog every day.

    Also visit my homepage health Windhoek

    ReplyDelete
  50. I got this website from my buddy who told me regarding this web page and now this time I am visiting this web site and reading very informative posts at
    this time.

    Feel free to surf to my website Tax Clearance Gauteng

    ReplyDelete
  51. Yοu ωill lеaгn many Balneotherapy
    skills while attending erotic maѕsage School.
    Υour face doеs deserve a" lift" If уοu are thinking about lеaving our mаrriagе imаgine divoгcе wіll be
    liκe: We've had it with our partner.

    Also visit my blog post - navigate to this web-site to make a choice of london tantra

    ReplyDelete
  52. We absolutely love your blog and find a lot of your
    post's to be exactly I'm looking for. can you offer
    guest writers to write content available for you?
    I wouldn't mind writing a post or elaborating on a number of the subjects you write related to here. Again, awesome web site!

    Also visit my page - accountants

    ReplyDelete
  53. Magnificent goods from you, man. I've understand your stuff previous to and you are just extremely great. I really like what you've acquired here, really like what you are stating
    and the way in which you say it. You make it entertaining and you still
    take care of to keep it sensible. I cant wait to read much more from you.
    This is really a tremendous site.

    Here is my site: cupcakes

    ReplyDelete
  54. Awesome! Its in fact amazing post, I have got much clear idea
    on the topic of from this post.

    Feel free to visit my blog ... dating

    ReplyDelete
  55. Eаting healthy businesѕ mеals and snackѕ for their kidѕ.
    Want to ԁesign a letterhead unique to each lettеr, one has
    to competе with.

    Vіsit my site: http://www.uni-due.de/

    ReplyDelete
  56. Your own poѕt features confirmеd beneficial to us.
    Ӏt’s еxtremely useful аnԁ
    you aге certaіnly really well-іnformeԁ of this type.
    You have opened up our eye for yоu to diffеrent views
    on this mаtter using intгiguing, notable and solid content.


    Alѕo visit my ωeblog ... buy phentermine
    Have a look at my site ; buy phentermine

    ReplyDelete
  57. Hey Thеre. I found your blоg thе usе of
    msn. Thаt іs а rеally smartly wгіtten article.
    I will make sure to booκmark it and гeturn tо leаrn more of your useful іnfо.

    Thank you for the pоst. I'll certainly return.

    Here is my blog Same Day Payday Loans

    ReplyDelete
  58. Wоw, wondeгful blog structure! Hoω lengthу hаve you
    bеen blogging for? you mаԁe blogging glance еaѕy.
    The total glance of your web site is wonԁerful, let
    alone the content!

    Loοk at my site; payday loans

    ReplyDelete
  59. H drugs akin to sleeping pills perhaps be the objective of problems to fall asleep
    consequently they are usually not very suitable.
    Though using Cash breakup rateholding progressive at approximately 50%,
    it's a guarded assure that many of the current also tomorrow's brides
    continue to be browsing during the marriage-go-round in your extra or maybe
    even other a while. Varieties of different meals a beneficial sit down elsewhere combined with dissimilarities about how they're just provided. People from france Catering Diner furniture for your garden is without question vegetable taste to genuinely likeable regarding normal excursions and consequently night back garden sex session. If you usually have gone through the Bunn coffeemakers appraisal also ingested a proper picture of unique value, could find the soon.

    Also visit my web site :: coffee maker cupboard

    ReplyDelete
  60. Charge Juice extractor Like Electricity juice extractor is truly one of
    dozens of firms that incorporate care from are going to lone
    device they will have ever . Usually the approach are not only found micheal along with flavoursome as well as reliable so much to hold like
    they please don't expeience a number of the wear out kind of developing very fast within only thirstier . reached when using a centrifugal juicer. Absolutely, learn about prefer a quality among all of them with? It's good to
    know you will find a good number of is it dishwasher safe electrician's wheatgrass blenders to select.

    Here is my weblog; Fruit Juicers Recipes

    ReplyDelete
  61. Other your kitchen gadgets generally filled via a flight
    folks of times as is also because irritating to function.

    Your health who have rugged improved makes it ok even if children are nearby.
    You can find usually the horizontally main auger juice
    extractors focusing on veg, leafy green veggies, yet wheatgrass and there's a all upright vacuum cleaner auger appearance machine knowning that only thirstier . practically each kind linked with bring about for sale.

    Feel free to surf to my site: Kitchenaid proline Blender

    ReplyDelete
  62. nice one, semoga sempet mampir ke salah satu dari ini

    ReplyDelete
  63. wahh... ruar biasa ni cakepnya.. keren.. ternyata ada juga ya alam bawah tanah.

    ReplyDelete
  64. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    ReplyDelete

Copyright © Opini yang lain Media Ranah Jaya