Opini yang lain: 10 Game online buatan Indonesia

10 Game online buatan Indonesia

1. Nusantara online
Nusantara Online merupakan game Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) pertama buatan Indonesia. Dengan menggunakan enggine yang bernama ANother Game Engine Library (ANGEL)  yang juga asli buatan putra-putri Tanah Air. Walaupun masih menggunakan engine yang kurang canggih, pihak pengembang yakin game ini akan populer 2-3 tahun kemudian. Bukan hanya engine game yang menentukan, tapi juga alur cerita dari game itu sendiri. Nusantara Online mengangkat cerita budaya Indonesia pada saat masih terdiri atas kerajaan. Tentunya ini adalah hal yang sangat dicari oleh para gamers yang sudah merasa bosan dengan hal-hal yang berbau modern dan fantasi. Sekaligus sebagai pengenalan terhadap budaya dan sejarah bangsa Indonesia.

2. Amarta online

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang paling banyak memainan game online, dan jumlah komunitas yang memainkan game online di Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit jumlahnya. Sehingga bukanlah hal yang mengejutkan ketika mulai bermunculan beberapa developer MMO lokal yang mencoba membuat MMO dengan nuansa khas Indonesia. Well, hal inilah yang dilakukan oleh developer Amulet Studio. Developer asal Jakarta ini tengah mengembangkan sebuah MMORPG terbaru mereka yang berjudul Amarta Online.
Untuk saat ini, belum ada demo ataupun trailer yang menunjukan bagaimana gameplay yang sesungguhnya dari Amarta Online. Namun, melalui halaman Facebook resminya, Amulet Studio telah merilis sejumlah screenshot, hingga 3D rendering dari Amarta Online. Walaupun Amarta Online tetap memiliki nuansa Indonesia di dalamnya, namun Amulet Studio nampaknya juga memasukan beragam unsur fantasi non-Indonesia ke dalam game ini.
Amarta Online menggunakan grafis ala 3D. berbeda dengan MMORPG asli Indonesia sebelumnya, seperti Nusantara Online, grafis pada Amarta Online tampak lebih ke arah kartun ketimbang realis. Beberapa user internet juga mengatakan bahwa grafis Amarta Online mengingatkan mereka kepada MMORPG asal Korea Selatan, Yulgang Online. Rendering pada karakter tampak lebih baik dan detail, walau dari beberapa contoh screenshot yang ditampilkan, kalian bisa melihat bahwa wajah karakter tampak sama dan hanya berbeda pada model rambutnya saja dan sedikit perbedaan pada bentuk mata dan bentuk mulut (untuk karakter laki-laki). Namun saat melihat model rambut karakter-karakter di Amarta Online, kalian bisa melihat sentuhan gaya rambut modern, dan bukan gaya rambut tradisional yang mungkin sering kalian lihat melalui film-film atau ilustrasi di buku sejarah. Baik pria dan wanitanya, diberikan gaya rambut yang funky dan stylish, hingga tersedia dalam tiga varian warna (hitam, pirang, dan brunette)

3. Gol online
GOL Online merupakan game pertama yang di luncurkan oleh Telkom Speedy & IGLO (Indonesia Games Lounge).
GOL Online adalah sebuah MMO Game berbasis web dengan sistem free-to-play yang bertemakan Football Manager, di mana pemain akan berperan sebagai seorang manager sebuah klub sepakbola yang bertugas mengembangkan klub tersebut.
GOL Online merupakan satu-satunya games di Indonesia yang bertemakan sepak bola yang keseluruhan  pemain sepak bola  nya adalah dari pemain-pemain LPI (Liga Primer Indonesia) seperti Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Lee Hendrie ataupun Bima Sakti yang juga mantan kapten TIMNAS senior. Dengan begitu diharapkan para gamer yang bermain Gol Online ini akan merasakan sensasi bermain seperti di “rumah” sendiri.

4. Football Saga 2 online
 
Football Saga 2 merupakan sekuel Football Saga. Juga salah satu karya terbesar Agate Studio, game developer yang berbasis di Bandung, Indonesia. Pengembangannya melibatkan 8 orang--rata-rata berusia awal 20-an--sejak Maret 2012. Game sosial simulasi pemain sepakbola berbasis browser (Flash) itu berlandaskan impian crew Agate untuk berkontribusi memajukan persepakbolaan nasional. Cita-cita bangsa Indonesia, termasuk crew Agate, adalah menyaksikan prestasi timnas Indonesia di ajang internasional seperti Piala Dunia. Berhubung mereka lebih jago menggarap game ketimbang menjebol gawang, lahirlah game sekuel Football Saga ini.

5. SteamOPS online
SteamOPS adalah sebuah game Third Person Shooter asli 100% buatan Indonesia. Selain asik tembak-menembak kalian pun bisa melihat karakter kalian beraksi dengan action dan animasi yang seru. Kalian juga bisa pilih ratusan senjata maupun scenario yang menegangkan. Kalian bisa memilih diantara 2 kubu, Noble atau Street, dan mulailah pertahankan kejayaan kubu-mu.
SteamOps menceritakan pertikaian diantara 2 Zone, yaitu West Side dan East Side. SteamOps mengambil setting pada masa revolusi Industri dimana tenaga uap masih mendominasi, masih sedikit yang menggunakan tenaga listrik. Pertikaian West dan East terjadi entah mengapa dan tidak ada yang mengetahui kenapa secara pasti.

6. Showtime indonesia

Showtime Indonesia adalah sebuah game online terbaru yang berbasis musik dimana pemain dapat berkaraoke secara online dengan percuma (free to play). Mode karaoke pada game ini memiliki sistem penilaian yang baik sehingga pemain tidak hanya diuntungkan dengan menyalurkan hobi dan bakat menyanyinya saja, tetapi juga dapat mengasah kemampuan dan teknik bernyanyi.

7. Crimsworld
CrimsWorld is an international, free to play Criminal Reality game project based on browser, created by veterans and manniacs of browser games. It is not requiring any installations.
CrimsWorld is one of just a few browser MMOG games which is perfectly mixing two game types - RPG and Strategy so it is giving a fantastic fun and also many ways of gameplay.

8. Inspirit Arena
Inspirit Arena adalah game online dengan gameplay unik yang mirip dengan permainan Trading Card Game seperti Magic the Gathering atau Yu Gi Oh. Nantikan ulasan Closed Beta Review Inspirit Arena dari GameQQ setelah kami memainkan game ini, untuk mencobanya sendiri kamu tinggal mendaftar account dan mendownload client di www.inspiritarena.com
Selain itu, sekarang sudah terbit komik dengan judul yang sama, Inspirit Arena, menceritakan kisah petualangan seru yang berhubungan langsung dengan game onlinenya.

9. Blazzworld

Sekali lagi dunia game Indonesia mendapatkan pemain baru. Dengan judul Blazzworld, game online 3D yang merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia adalah game online yang bergenre Sosial MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game)
Di dalam dunia game BlazzWorld, kamu dapat bertemu dengan para pemain lainnya dari seluruh Indonesia yang tersambung melalui koneksi internet, dan kamu dapat bersosialisasi dengan para pemain lain seperti: mengobrol, berinteraksi, bermain, berpetualang bersama, berbagi cerita, membuat grup dan masih banyak lagi. Intinya, game ini dibuat untuk menjadi media untuk bergaul bagi kamu dan teman - temanmu, juga teman - teman yang baru juga.

10. Lilo
Dalam LILO, setiap pengguna (user) bisa menciptakan karakter avatar mereka sendiri. Inovasi tersebut merupakan buah karya anak-anak bangsa yang kreatif dalam mengembangkan idenya di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).  Adalah Pahala Basuki, Alif Wijayakusumah, Sobar Herdiman, dan Yanuar Triwibowo yang menggarap game online ini sehingga bisa merebut  juara di ajang INAICTA 2008. Dibantu dengan sebelas orang lainnya, LILO mulai dikembangkan pada April 2006.
Membuat inovasi baru tak semudah membalikkan telapak tangan. Penggarapan LILO sendiri sudah dimulai sejak 2006. Ide awal pembuatan LILO muncul dari Rahmania Arunita yang terinspirasi untuk membuat sebuah kota dengan setting Indonesia. Selain itu, user juga bisa berinteraksi dengan pengguna (user) lainnya. Ide ini kemudian dikembangkan oleh Alif dan kawan-kawan menjadi sebuah model baru jejaring sosial.


source:

10 comments:

  1. Hello would уоu mind stating which blog platform you're using? I'm going tο staгt my
    own blog soon but I'm having a hard time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I'm looking for sοmething uniquе.
    P.Ѕ Sоггy for getting off-topic
    but I had to ask!

    my weblog; diet drops

    ReplyDelete

Copyright © Opini yang lain Media Ranah Jaya