Pages

Sunday, May 23, 2010

10 Orang tertua di Indonesia (Sensus 2010)

Sensus Penduduk yang dilakukan serentak per tanggal 1 Mei yang lalu, telah mencatat beberapa orang yang telah berusia diatas 100 tahun, untuk data yang lebih valid mengenai siapa sebenarnya orang tertua di Indonesia, mungkin akan dipublikasikan oleh pihak yang terkait.
Belum tentu artikel saya ini benar adanya, dikarenakan masih banyaknya data simpang siur dari beberapa sumber yang saya cari bersama paman Google. Berikut ini 10 orang tertua di Indonesia yang berhasil saya rangkum bersama paman Google.

10. Minah, Tasikmalaya (120 tahun)
Petugas sensus mendapati tiga perempuan berusia 100 tahun lebih di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Salah satunya adalah Minah yang telah berusia 120 tahun. Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdul Hadi (61), membenarkan bahwa Minah berusia 120 tahun merupakan wanita tertua di daerahnya. Berdasarkan keterangan keluarga ketiga nenek tersebut dan tokoh masyarakat lainnya, usia memang lebih dari seabad. ''Pengakuan dari keluarganya juga seperti itu, usianya sudah 120 tahun,'' tegasnya.
Anak pertama Minah, Sukaesih (80), mengemukakan bahwa Minah berdasarkan catatan keluarganya dilahirkan sebelum tahun 1900, dan pernah mengalami masa penjajahan Belanda, Jepang hingga proklamasi kemerdekaan. ''Catatan resminya saya tidak punya, namun setahu saya emak dilahirkan sebelum tahun 1900,'' ungkap Sukaesih yang sudah memiliki buyut.

9. Marwah, Sumenep (121 tahun)
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menemukan tiga warga di kabupaten itu berusia lebih dari 100 tahun. Mereka adalah Rafiudin, 105 tahun dan Diyah, 106 tahun, warga Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, dan yang tertua yaitu Marwah, 121 tahun, warga Desa Gunggung Kecamatan Batuan. Namun pada sumber yang lain dikatakan bahwa usia Rafiudin dari Sumenep adalah 127 tahun, 6 tahun lebih tua dari Marwah.

8. Hajah Riah, Tangerang (122 tahun)
Di rumah sederhana yang terbuat dari bilik bambu inilah, Hajah Riah 122 tahun, warga kampung Sarakan RT 01/04 Desa Suaksari Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang tinggal. Wanita berusia lebih dari seratus tahun tersebut, di temukan petugas sensus setempat.
Dari data sensus setempat, ibu tua ini memiliki 14 orang anak, namun sebagian diantaranya sudah meninggal. Dan saat ini hanya terdapat lima orang anak, dengan kondisi yang sudah sama tua. Hajah Riah terlihat masih sehat, meski harus ditopang dengan tongkat jika hendak berjalan. Dalam kesehariannya, nenek yang mempunyai 25 cucu dan 10 cicit tersebut, hanya beraktifitas dirumah. Hajah Riah yang tak bisa berbahasa Indonesia ini hanya terbata-bata saat wartawan hendak meminta keterangan dari kehidupannya selama ini. Ia hanya sesekali mengucapkan kalau dirinya mempunyai banyak anak.

7. Rafiudin, Sumenep (127 tahun)
Surabaya - Seorang warga Dusun Brekas, Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura tergolong manusia tertua. Pria bernama Moh Rapiuddin telah berusia 127 tahun. Hal ini terungkap saat petugas Sensus Penduduk 2010 yang melakukan pencacatan ke rumahnya. Rapiuddin masih terlihat sehat dan tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti membuat anyaman bambu pesanan para tetangga.
Sementara petugas sensus penduduk setempat, Moh Anwar membenarkan jika umur Rapiuddin itu telah mencapai 127 tahun. "Satu-satunya warga yang paling tua baru ditemukan 1 orang," kata Anwar kepada wartawan di lokasi.
Sumber lain menyebutkan, Rapiuddin memang agak lambat menikah karena sejak remaja dia suka berkeliling kemana-mana dan sempat lama di sebuah pesantren di Kota Sumenep.

6. Fatimah binti Yakob, Aceh (127 tahun)
Seorang nenek bernama Fatimah Binti Takob diketahui menjadi nenek tertua di Aceh. Nenek berusia 127 tahun itu kini bermukim di Desa Krueng Lingka Barat, Kecamatan Baktia, Aceh Utara. Fatimah Binti Yakob diperkirakan lahir tahun 1883, dengan lima anak. Bahkan, anak pertamanya kini berusia 108 tahun, anak kedua Aisyah 104 tahun, anak ketiga Muhammad 98 tahun (meninggal dunia), anak ke empat Asiah berumur 87 tahun dan terakhir Rafasah 56
tahun.
“Masyarakat tiga desa di kawasan ini mengakui bahwa Fatimah sudah berumur lebih dari 127 tahun bahkan bisa jadi telah 132 tahun dan ini diperoleh keterangan dari BPS Aceh Utara," kata Kepala BPS Aceh Utara Husnul.

5. Mak Encuh, Bandung (130 tahun)
Petugas sensus penduduk di Kel. Wates, Kec. Bandung Kidul, menemukan dan mencatat seorang warga berusia 130 tahun atas nama Encuh, yang tinggal di sebuah rumah di Jln. M. Toha, Gg. Lasmi RT 02/RW 01. Bisa jadi Encuh merupakan orang tertua yang hidup di Bandung.
Di usianya itu, Encuh tidak memiliki anak meski mengaku telah menikah dua kali. Di rumahnya yang sederhana, ia hanya ditemani anak angkatnya, Ruika (68). Kondisi Encuh sendiri cukup sehat, masih berbicara dengan lancar dan mendengar dengan jelas. Ia bahkan tidak pernah mengidap penyakit parah. Penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia pun tidak pernah dirasakannya. Hanya saja, kini Mak Encuh memiliki kekurangan dalam penglihatan.

4. Nek Camat, Aceh (132 tahun)
Petugas sensus penduduk (SP) Aceh Timur menyebutkan, Tgk Ismail Daud Alias Nek Camat warga Desa lhok Meureu Kecamatan Darul Ikhsan menjadi orang tertua di Aceh Timur. Disebutkan, hingga saat ini terhitung usia Nek Camat 132 tahun.“Kami ketahui setelah petugas di Kecamatan Darul Ikhsan, Abdul Manaf Hanafiah melaporkan bahwa di Desa Lhok Meureu ada warga yang telah berumur 132 tahun.
Selanjutnya saya langsung terjun ke rumah yang bersangkutan untuk melakukan pengecekan kebenaran laporan petugas lapangan dan dari beberapa saksi bahwa Nek Camat adalah orang tertua di Aceh Timur," ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Timur, Munir Ilyas, SE.
Menurut Munir, kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2010 ini selain mencatat jumlah penduduk juga dapat menemukan hal-hal yang unik, seperti penemuan orang tertua atau lainnya. Dari pengakuan Tgk Ismail Daud, dia dilahirkan sekitar tahun 1878.
Hal ini dibuktikan oleh beberapa orang tua dikampung tersebut, juga dari pengakuan salah seorang anaknya di Aceh Singkil, Abdul Wahab (82), mantan Angkatan Laut, yang telah dihubunginya via hand phone.

3. Karnita, Bekasi (140 tahun)
Syamsudin, petugas BPS Kabupaten Bekasi itu mengatakan, lelaki itu ditemukan dalam sensus 2010 ini. Dia bernama Karnita. Dia tinggal bersama lima cucu dan tujuh cicitnya di RT 1/4, Segara Jaya, Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi. "Pada pencacahan Kamis (13/5), kami menemuinya dan mendatanya," ujar Syamsudin. Kendati belum memiliki KTP, kebenaran dari pengakuan Karnita bisa dibuktikan. Karnita masih ingat peristiwa yang dialami saat penjajahan Jepang maupun Belanda.
"Saya juga menanyakan kepada keluarga perihal pernikahan Karnita. Dia telah 13 kali memiliki istri," katanya. Karnita merupakan lelaki keturunan Cirebon yang sebelumnya selalu berpindah-pindah tempat dan akhirnya menetap di Desa Segara Jaya, Kabupaten Bekasi.
Salah seorang cucu Karnita, Warni (45), membenarkan usia kakeknya telah menginjak 140 tahun.

2. Saparman Sodimejo, Sragen (142 tahun)
Saparman Sodimejo, warga Dukuh Segeran RT 18, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen merupakan manusia tertua di wilayah Bumi Sukowati. Hal ini diketahui setelah dilakukan sensus penduduk 2010. Dengan langkah membungkuk, Saparman Sodimejo, kakek berusia 142 tahun masih kuat mencangkul, kendati tubuhnya tak kuat untuk berjalan tegap. Bahkan pendengarannya sedikit terganggu sehingga menjadi hambatan bagi warga yang ingin berkomunikasi dengannya.
“Terpaksa harus berbicara keras saat bertanya atau berkomunikasi dengan simbah. Kendati sudah usia lanjut, simbah suka minum es teh dan makannya kuat,” ujar Suwarni, 35, cucu menantunya ditemui Espos di kediamannya, Kamis (20/5).

1. Ambu Unah, Pandeglang (143 tahun)
Ditengah-tengah pelaksanaan Sensus Penduduk, Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, menemukan warga usia tertua yaitu Askah binti Singga (101 tahun) di Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita dan Maemunah (143 tahun) di Kampung Jaha Girang Rt 15/06 Desa Kadu Dodol, Kecamatan Cimanuk.Nenek Maemunah yang biasa akrab dipanggil Ambu Unah, berdasarkan data sensus yang dikirimkan ke Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, diduga lahir tahun 1867 silam. Oleh karena itu melalui Tim Koordinator Probing Pendalaman dan Pengkajian Data penduduk, BPS Kabupaten Pandeglang melakukan survey langsung ke lapangan guna mengetahui ke-validan data tersebut. “Hasil yang kami terima dari petugas dilapangan, ditemukan ada warga yang usianya mencapai ratusan tahun, dan kami perlu mendalami dan mengkaji data itu,” kata Budiman, BST selaku Koordinator Tim.
Sungguh sangat luar biasa, di seusia yang ratusan tahun ini, Ambu Unah masih dapat beraktifitas seperti layaknya orang usia 50-60 tahunan. Bahkan, ia masih senang jajan dan jalan-jalan keluar rumah, bermodalkan tongkat bambunya.

sumber:
http://www.klik-galamedia.com/
http://www.tempointeraktif.com/
http://bataviase.co.id/
http://surabaya.detik.com/
http://serambinews.com/
http://www.solopos.com/
http://www.rakyataceh.com/
http://www.bps.go.id/
http://www.tempointeraktif.com/
http://humaspdg.wordpress.com/
http://sumedangonline.com/
http://www.antaranews.com/
http://www.banjarmasinpost.co.id/
http://www.inilah.com/
http://www.gardunews.com/
http://mediaranahjaya.blogspot.com
http://www.republika.co.id/
http://koranbogor.com/
Bilamana terdapat kesalahan dalam artikel ini mohon diralat, terima kasih.

42 comments:

  1. PErtAmaX. Bukannya Rafiudin itu 160 tahun ya?

    ReplyDelete
  2. iyah tuhh lagi in banget di berita ngomongin soal org2 tua,, gara2 lagi sensus,, jadi ketauan deh main tua tuaan,, ahahhah
    *becandaan yang teramat sotoy :P

    ReplyDelete
  3. mantaf bisa berumur panjang ...

    oh ya link anda pun telah terpasang cek di Tukeran Link


    makasih

    ReplyDelete
  4. waLaupun usianya sudah tergoLong banyak tapi masih terLihat sehat.
    Ambu Unah, 7 tahun Lagi sudah berusia 1,5 abad.
    semoga semua daLam keadaan sehat dan afiat

    ReplyDelete
  5. kerenn,,,,,
    panjang umur,,,,
    thanks infonya sob :)

    ReplyDelete
  6. NAmbahin sob, di Sragen ada yang umurnya sudah 145 tahun masih suka minum es teh dan kuat nyangkul tanah, ane yang muda adja kalah hehehe

    ReplyDelete
  7. Kalo orang tertua di dunia umur berapa yah?
    Bisa jadi orang Indonesia sekarang...

    ReplyDelete
  8. Umur beda dikit nggak masalah. Tapi yang pasti informasinya menarik banget boss. Keep posting. :)

    ReplyDelete
  9. 143 tahun? Kasihan tuh nenek, pasti dah kenyang makan asam garam kehidupan......

    mampir n komen balik

    ReplyDelete
  10. sob... link km sudah terpasang n blognya jg udaj ku follow kalo berkenan follow blk ya?!!!
    ayead.blogspot.com BLOGNYA ANAK GAPTEK

    ReplyDelete
  11. keren...
    usia tidak menjadi halangan untuk berkontribusi dalam hal kebaikan juga :D
    asyk ini infonya untuk bercermin kembali pada diri kita masing2 apakah sudah berguna dalam hidup

    ReplyDelete
  12. Ya ampun,,, panjang banget umur mereka semua, sementara kt di jatah ampe umur brp yah??? hmmm,,
    Orang sekrang br umur 40 thn aja dah mengeluh sakit ini sakit itu,,
    Mudah2an kt semua diberi umur panjang yg manfaat & berkah, aminnnn

    ReplyDelete
  13. semoga kita semua panjang umur dan seLaLu daLam keadaan sehat dan afiat.

    ReplyDelete
  14. @Om_rame: Wah bener bangets tuch comentarnya

    ReplyDelete
  15. Subhanallah, apa yang telah dikerjakan mereka untuk bertahan hidup!

    ReplyDelete
  16. lukmanhadiansyahMay 27, 2010 at 7:09 AM

    ruaaaaaaaaaaaaaar biaaaaaaaaaazzzzzzzzaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  17. enak kalo umur panjang gitu tapi tetap muda...kaya highlander...hahahaha

    ReplyDelete
  18. wah keren bgt nih artikel ternyata di indonesia banyak ya orang yg umurnya lebih dari 100 tahun bahkan hampir 1,5 abad wow... udah kenyang bgt tuh ma kehidupan ya

    ReplyDelete
  19. kalo bisa dibuktikan, orang yg termuda di list diatas sudah lebih tua dari orang tertua di dunia yg sdh di verify

    http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_the_verified_oldest_people

    ReplyDelete
  20. keren banget aku baru tau ada orang umurnya lebih dari 1 abad

    ReplyDelete
  21. Lama juga tuh ya ...
    kira_kira makanya apa ya tu nenek pas mudanya ?

    http://priyoonlydream.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. orang yg Pling muDa mah baNYak g US@ah Pke orang termuda di dunnia

    ReplyDelete
  23. ihh..
    keren bisa setua ituh

    ReplyDelete
  24. masih ada X gan yg lebih tua.. 300 th lebih malahan, dan masih hidup sampe sekarang..

    ReplyDelete
  25. eh tuh mas rizal lumud... siape yang umur 300 thn? yang pasti Insya Allah aqu deh, mudah-mudahan amiiin....

    ReplyDelete
  26. Kakek saya baru berumur 115 tahun..

    ReplyDelete
  27. buat apa umur panjang panjang kalo tdk bisa menikmati hidup ?

    ReplyDelete

  28. Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

    Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

    Thanks



    ReplyDelete
  29. ada satu lagi...mr.pringgodigdo 155 th

    ReplyDelete
  30. kayaknya data itu tidak valid .. jika valid usia 140 tahun bisa di bilang hidup dalam 6 generasi .. mengerikan saksi sejarahhhhh
    apalagi yang bisang sampai 160 tahun wahh udah tuju generasi tuchh wwkwkw

    ReplyDelete
  31. Kata temen gua nama'nya Indah permata (Fb'nya Indah permata clc), dia bilang ke temen2 kelas punya mbah umurnya 500tahun, sesepuhnya keraton solo & masi hidup sampe skrng. Soo, gua gk percaya lah, kalo gua perhatiin tuh anak kalo ngomong Modus bnget.
    .
    .
    Kalo gk percaya sekarang add fb nya terus tanya'in tuh bner kagak punyak nenek umur 500 tahun. Kalo emng dia ngomong punya nenek setua itu kenapa gk di publikasi ke dunia (kan lumayan jadi world rekor)

    ReplyDelete
  32. Buat yang belum jadi simbah2....ni aku kasih tau ya.....beberapa resiko kehidupan, al: 1. meninggal dunia, 2. kecelakaan, 3. cacat, 4. sakit, n ke 5. USIA TUA/ PANJANG UMUR....,krn kita tdk tau, kita meninggal lebih cepat atau lebih lama mk saya akan kasih tau juga caranya supaya bsk klo sdh tua umur 100th justru pegangan uang MILYARAN RUPIAH....caranya ikutan Program Q SMART LIFE, Keunggulannya 1. Nasabah Memperoleh proteksi Jiwa Seumur Hidup, 2. Nasabah dpt menabung dng nilai yg relatif sangat terjangkau, 3. Nasabah dpt menggunakan program ini sbg sarana utk menambah asset keluarga, yg menyenangkan lg bila nasabah hidup mencapai 100th, nasabah akan mndptkn uang pertanggungan 1MILYAR, Nasabah dapat memilih sendiri pilihan jangka waktunya sesuai kebthn pribadi, jangka waktu yang diberikan utk menabung adlh 5th smpai dgn 20th, utk bergabung bisa inboox saya, anda bisa buka www.Sequislife.com, utk mengetahui lebih byk.....SEMOGA ANDA SEHAT WALAFIAT N PANJANG UMUR.........GBU.......

    ReplyDelete
  33. Bro,kalau 140 tahun mah,dimasukin wikipedia dah tu orang.btw pada masih hidup belum? Atau udah meninggal?

    ReplyDelete
  34. Sebenarnya umur panjang itu adalah anugerah dari sang pencipta,akan tetapi tidak kurang nenek ato kakek yg ngaur Klo ditanya usia nya,tpi mengetahui umur nenek lebih gampang dri kakek,tanya aja anak tertua & anak bungsunya umur berapa,klo yg tertua ngaku umur 90 & bungsu ngaku 50 tahun,berarti ada yg salah,& kemungkinan yg salah si sulung,krn Klo usia si bungsu 50,dapat dipastikan emaknya gak mungkin diatas 100,krn batas maksimal wanita melahirkn paling tua 48 tahun,itupun sudah amat sangat langka,seperti yg nmr 6). Fatimah bt yakob,anak bungsunya 56 tahun,& yg tertua ngaku 108 tahun,berarti ada yg salah,krn tdk mungkin dia melahirkn rafasah diusia 71 tahun,krn ini bukan lagi jaman nabi,yg bisa melahirkn dengan mukjizat dri tuhan, rumusnya 56 usia rafasah + 48 = 104 tahun,itulah usia maksimal ibu fatimah.

    ReplyDelete
  35. & Klo kakek mau ditau umurnya,tanya jaman & peristiwa apa dia mulai ingat,ato siapa tokoh ato raja yg memerintah saat itu,terus berapa umurnya saat itu,misalnya dia bilang waktu jepang masuk dia sudah punya anak 1 yg baru belajar jalan,jadi dapat diperkirakan umur anak pertamanya 72 tahun,tanya lagi usia dia berapa waktu itu,klo dia bilang lupa,tanya umur berapa dia menikah,klo dia bilang 22 tahun,tanya lagi berapa lama setelah menikah dia punya anak,Klo di bilang 2 tahun,berarti 22+2+1 tahun usia anak waktu belajar jalan,jadi bisa diperkirakan 25 tahun umurnya waktu jepang masuk 72 tahun yg lalu,berarti umurnya sekitar 97 tahun,tpi Klo dia sudah pikun gak ingat lagi sama sekali, tanya aja anak2nya,yg tertua umur berapa,bungsu umur berapa,klo yg tertua bilang 80 terus bungsu bilang 50,tanya lagi sulung waktu bungsu lahir dia umur berapa,klo dia jawab 25 berarti ada yg salah,umur sulung cuma selisih 25 dengan bungsu,berarti dia baru berumur 75 tahun,& orang dulu biasanya menikah di umur 18 s/d 25 tahun,jadi dapat diperkirakan usia kakek sekitar 94-101 tahun,tpi biasanya kita mengambil tengah2nya,yaitu 97 tahun.

    ReplyDelete
  36. Tua-tua keladiii wkwkwkwk

    ReplyDelete