Pages

Wednesday, September 5, 2012

10 Pesawat terbang menakjubkan yang pernah ada

Manusia telah banyak melakukan penelitian dan percobaan untuk membuat mesin terbang yang luar biasa, dan membuat stasiun ruang angkasa permanen di atas Bumi.
Dari terciptanya pesawat terbang pertama yang di buat oleh Wright bersaudara, hingga kemudian manusia dapat membuat pesawat mata-mata, pesawat supersonic, hingga roket Apollo yang membawa manusia ke Bulan.
Dari sekian pesawat terbang yang menakjubkan tersebut berikut 10 Pesawat terbang yang menakjubkan yang pernah ada.


1. Wright Flyer, Pesawat terbang pertama 
Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk". Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.

2. The Red Baron & Aerial Weapons of World War I
Pesawat menjadi salah satu dari peralatan perang di jaman modern ini, hampir satu dekade setelah Wright bersaudara menerbangkan pesawat untuk pertama kalinya di Kitty Hawk. Pecahnya perang dunia pertama menyebabkan meluasnya penggunaan pertama dari pesawat militer untuk kebutuhan perang seperti pengintaian, pengeboman dan serangan udara lainnya.
Manfred von Richthofen, merupakan pilot yang terkenal dan paling sukses selama perang dunia pertama dengan menembak jatuh 80 pesawat sekutu dan mendapatkan julukan "The Red Baron" sebelum kematiannya sendiri. Dia dan rekan-rekannya sesama pilot, terbang dengan pesawat yang lambat tetapi dengan beberapa inovasi yang mereka lakukan mengubahnya menjadi mesin terbang yang mematikan saat itu.

3. The Zeppelin Hindenburg

Pesawat terbang yang sangat besar untuk pertama kalinya, namun terbakar saat berusaha mendarat di New Jersey dan hancur dalam waktu hanya setengah menit.
Dengan bahan bakar Hidrogen dan gas Helium yang membuatnya mampu terbang melayang, Sering dikenal juga "balon udara" yang sangat besar, besarnya pun 3x lebih besar dari Boeing 747 jumbojet.

4. Me 262 Schwalbe, Pesawat jet tempur pertama kali

Me 262 Schwalbe, merupakan pesawat tempur turbin jet pertama di dunia. Me 262 dikeluarkan saat Perang Dunia ke-2 dan mulai bertempur pada tahun 1944 sebagai pesawat terbang tempur/pengebom/pengintaian dan pencegat. Pilot Jerman memberi julukan Sturmvogel (Stormbird), sementara Tentara Sekutu menjulukinya dengan nama Turbo atau Blow Job. Me 262 diisukan telah menghancurkan 509 pesawat terbang milik Pihak Sekutu (walaupun ada yang mengatakan lebih tinggi) pihak Jerman diisukan telah kehilangan 100 Me 262.


5. SR-71 Blackbird, Pesawat pengintai tercepat
Meskipun pertama kali diperkenalkan pada 1966, SR-71 Blackbird masih dinobatkan sebagai pesawat berawak pengintai tercepat hingga empat dekade kemudian. Diproduksi oleh Lockheed, SR-71 ini dirancang oleh Clarence “Kelly” Johnson seorang tokoh penting dalam sejarah penerbangan.
Memulai debutnya pada tanggal 22 Desember 1964, dan memulai karir di militer pada Januari 1966. SR-71 mampu terbang dengan kecepatan mach 3,2 bahkan lebih.  SR-71 adalah pesawat pengintai U-2 yang sangat rentan bagi pertahanan udara Soviet karena kecepatan dan kemampuan terbangnya yang lebih tinggi dan dilengkapi dengan kemampuan untuk melarikan diri.

6. Saturn V Rocket & Apollo Spacecraft, Pendaratan manusia pertama di bulan
Apollo 11 adalah misi luar angkasa berawak pertama yang berhasil membawa manusia ke Bulan dan kembali dengan selamat. Apollo 11 merupakan salah satu dari proyek NASA. Apollo 11 diluncurkan pada 16 Juli 1969 menggunakan roket Saturn V dan tiba di bulan pada 20 Juli pada tahun yang sama. Pada saat mendarat di bulan, pesawat luar angkasa ini diawaki oleh Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins.
Edwin Aldrin pada saat menginjakkan kaki di bulan pada misi Apollo 11
Apollo 11 mewujudkan ambisi presiden Amerika Serikat saat itu, John F. Kennedy, yaitu "menerbangkan manusia ke bulan dan mengembalikannya ke bumi dengan selamat".

7. Space Shuttle, Pesawat Ulang alik
 
Pesawat ulang-alik (bernama resmi: Space Transportation System atau STS; lebih populer dengan NASA's Space Shuttle atau Space Shuttle saja) adalah pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat yang digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak. Pesawat ulang alik – tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya – badan utama pesawat ulang-alik dapat digunakan kembali di lain waktu. Pesawat jenis ini hanya dimiliki oleh NASA, badan antariksa Amerika, dalam beberapa jenis. Sempat dibuat 5 buah, di mana sekarang tinggal tiga. Modul pesawat, terbang secara vertikal dan biasanya membawa tiga sampai lima astronot (walaupun pernah mengangkut 8 astronot dan masih cukup sampai 11 astronot dalam keadaan darurat) dan muatan sampai seberat 50.000 lb, 22.700 kg menuju orbit rendah bumi (thermosfer). Ketika misi selesai pesawat akan menyalakan pendorongnya sendiri untuk kembali menuju atmosfer bumi, pendorong akan dimatikan ketika pesawat sudah di dalam atmosfer bumi dan pesawat akan melayang selama perjalannya sampai akhirnya mencapai permukaan lagi.
Pesawat ulang-alik NASA bisa dikatakan merupakan pesawat luar angkasa pertama yang dirancang agar dapat dipakai kembali sebagian. Pesawat ini bertugas untuk membawa berbagai muatan (biasanya satelit) ke berbagai orbit bumi (biasanya orbit rendah, perlu perlakuan khusus untuk orbit yang lebih tinggi), penggantian awak ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan untuk misi servis. Terkadang pesawat ini juga dapat mengambil kembali satelit untuk dikembalikan ke bumi. Bekerjasama dengan Soyuz, pesawat luar angkasa milik Rusia, kedua pesawat bahu membahu membangun ISS. Kedua pesawat dirancang agar dapat bekerja sekitar 10 tahun atau setara dengan sekitar 100 peluncuran.

8. International Space Station, Stasiun luar angkasa internasional
Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah gabungan rencana stasiun luar angkasa, khususnya Mir 2 Rusia, Stasiun Luar Angkasa Freedom Amerika Serikat dan Fasilitas orbital Columbus Eropa, mewakilkan kehadiran manusia tetap di luar angkasa: telah ditempati oleh paling tidak dua orang sejak 2 November 2000. Setiap kali pergantian awak, keempat awak lama dan baru ada di sana dan juga paling tidak satu pengunjung lainnya.
ISS merupakan projek gabungan dari 16 negara: AS, Rusia, Jepang, Kanada, Brasil dan 11 negara dari Uni Eropa. Dan agensi luar angkasa mereka adalah NASA Amerika, Russian Federal Space Agency, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Canadian Space Agency (CSA/ASC), Brazilian Space Agency (AgĂȘncia Espacial Brasileira) (AEB) dan European Space Agency (ESA).
Stasiun luar angkasa ini terletak di orbit sekitar Bumi dengan ketinggian sekitar 360 km, sebuah tipe orbit yang biasanya disebut orbit Bumi rendah. (Ketinggian persisnya bervariasi sejalan dengan waktu sekitar beberapa kilometer dikarenakan seretan atmosfer dan "reboost". Stasiun ini, rata-rata, kehilangan ketinggian 100 meter perhari.) Dia mengorbit Bumi dengan periode 92 menit; pada 1 Desember 2003 dia telah menyelesaikan 33.500 orbit sejak peluncurannya.

9. SpaceShipOne, Pesawat antariksa swasta
SpaceShipOne, menjadi pesawat terbang antariksa pertama yang mencapai penerbangan berawak yang didanai swasta.
Dalam penerbangan uji cobanya diatas gurun pasir Mojave, Calirornia, pesawat ini berhasil mencapai rekor ketinggian 100,1 km. Pesawat ulang alik ini berhasil menembus luar atmosfir bumi dan meluncur kembali ke bumi dengan selamat.
SpaceShipOne dibuat oleh ahli penerbangan luar angkasa, Burt Rutan dan dibiayai oleh Paul Allen, pemilik Microsoft Corp. Mereka membuat pesawat ini untuk memenangkan sebuah penghargaan Ansari X-Prize, yang berhadiah 10 juta dollar AS atau sekitar 94 miliyar rupiah. Dalam kompetisi ini SpaceShipOne haru bersaing dengan 5 pesawat lain. Untuk memenangkan kompetisi ini, pesawat pesawat tersebut harus mampu terbang paling sedikit 100 km dan mengulangi perjalanan dalam waktu 2 minggu.

10. V-22 Osprey, Kombinasi pesawat terbang dengan Helikopter
Bell Boeing V-22 Osprey merupakan sebuah pesawat terbang militer tiltrotor dengan kemampuan vertical takeoff and landing (VTOL) dan short takeoff and landing (STOL). Pesawat ini didesain dengan menggabungkan kelebihan fungsionalitas dari helikopter konvensional dengan performa jarak jauh dari pesawat terbang turboprop.
Saat lepas landas dan mendarat, pesawat ini biasanya dioperasikan dalam mode helikopter dengan nasel vertikal dan rotor horizontal. Setelah terbang, nasel dirotasikan 90° kedepan untuk melakukan penerbangan horizontal, menjadikan pesawat dalam mode turboprop konvensional yang lebih efisien dan cepat.


source:


48 comments:

  1. Informasi penerbangan yang menarik, sob.

    ReplyDelete
  2. Zaman semakin maju teknologi pun semakin canggih.

    ReplyDelete
  3. Wah keren nih gan artikelnya ..sipp

    ReplyDelete


  4. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete

  5. Makin mantab aja ni sob informasinya

    ReplyDelete

  6. Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

    ReplyDelete

  7. Salam kenal dan sukses slalu

    ReplyDelete
  8. benar-benar orang yang cerdas

    ReplyDelete
  9. dengan bahan seperti itu sampe bisa menciptakan sesuatu yang luar bysa

    ReplyDelete


  10. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete

  11. saya numpang buat nambah backlink di sini ya

    ReplyDelete
  12. infonya cukup bermanfaat ya gan

    ReplyDelete
  13. bagus banget infonya




    maksih gan

    ReplyDelete
  14. bermanfaat banget infonya bagi saya


    makasih gan

    ReplyDelete

  15. Terima kasih banyak gan atas infonya.
    lanjutkan trus ya kwan

    ReplyDelete
  16. gambar yang ke tiga keren juga ya pesawatnya kayak banana boot :D

    ReplyDelete
  17. Wkwk. Iya yg ketiga kaya pisang bot. Mantap Gan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  18. semua pesawatnya sangat menakjubkan sekali, sayang saya belum pernah melihatnya secara langsung

    ReplyDelete
  19. pesawat Wright Flyer mirip banget dengan pesawat yang ada di film kartunnya Tom & Jerry

    ReplyDelete
  20. memang sangat cangih dan hebat

    ReplyDelete
  21. memang menakjubkan kembangkanlah imajinasi dan buatlah pesawat yang lebih canggih

    ReplyDelete
  22. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    ReplyDelete