Pages

Tuesday, June 15, 2010

10 Pelukis Indonesia dengan lukisan terkecil

10. Zaenal beta
Ada terobosan baru dari Zaenal Beta dalam peta perjalanan seni rupa Makassar. Bersama dengan seniman Makassar lainnya yaitu S. Mamala, mereka membuat lukisan-lukisan yang berukuran sangat mini atau biasa disebut 'micro painting'. Kita dapat menikmati karya mereka terpajang di ruang gedung DKM Fort Rotterdam Makassar. Karena ukurannya yang mini, telah disiapkan kaca pembesar bagi yang ingin melihat detil lukisan. Micro Painting ini adalah salah satu alternatif cinderamata andalan Kota Daeng, Makassar.

9. Muryadianto, Pelukis biji wijen
Murdiyanto adalah pelukis biji wijen yang berasal dari Bangil. Muryadianto tinggal di Kelurahan Latek Kecamatan Bangil. Warga setempat lebih mengenal Mur -panggilan Muryadianto- sebagai seorang pekerja di toko bangunan di kawasan tersebut. Yakni UD Mandiri, milik H Syafi'i.
Muryadianto adalah pria asal Ngawi kelahiran 4 April 1973. Ia tak pernah menyangka jika biji wijen yang ia beli seperempat kilogram di pasar Bangil itu beberapa tahun lalu akhirnya bisa jadi lukisan apik. Jadi logo Nahdlatul Ulama (NU), Pemkot Pasuruan hingga logo klub sepak bola mancanegara.

8. Ki Djoko Sutedjo (3x3 cm)
Pelukis terkenal asal Semarang ini pernah menjadi rekoris Muri, karyanya yaitu lukisan wayang terkecil yang berukuran 3x3 cm ini tercatat di Muri pada tahun 1998.

7. S. mamala (1,5-2 cm)
Pelukis yang berasal dari Makassar ini, berkerja sama dengan Zaenal Beta membuat lukisan terkecil. Lukisan mikronya yang terkenal adalah lukisan Sultan Hasanudin yang berukuran 1,5-2 cm, dibutuhkan kaca pembesar untuk melihat lukisan ini.

6. Abu Naam (1x1 cm)

Tercatat dalam rekor Muri dengan lukisan airbrush terkecil yang berukuran 1x1 cm.

5. Jupri Abdullah (0,5x0,5 cm)
Di antara sekian banyak pelukis di Jawa Timur, Jupri Abdullah tergolong pelukis mikro yang membuat lukisan mikro Presiden AS Barack Obama dan almarhum Gus Dur. Jupri yang asli Pandaan, Pasuruan, ini juga kerap bikin heboh dengan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Nama Jupri Abdullah mulai akrab dengan Museum Rekor Indonesia (Muri) sejak 2003. Saat itu Jupri dinobatkan sebagai sebagai pelukis kaligrafi terkecil di Indonesia. Lukisan kaligrafinya berukuran 0,5 x 0,5 sentimeter.

4. Moselis Arief (3x3 mm)
Pelukis yang sedang diusulkan sebagai rekoris Muri dengan lukisan wajah Soekarno sebesar 3x3 mm.

3. Iwan Ridwan (2x3 mm)
Iwan Ridwan, seorang pelukis asal Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pria berusia 35 tahun ini malah sedang getol-getolnya membuat lukisan mini, yang hanya bisa dinikmati dengan kaca pembesar. Lukisannya yang terkecil berukuran 2x3 mm yaitu lukisan wajah Alm. Gus Dur.
Ada beberapa lukisan Iwan Ridwan yang berukuran super mini diantaranya lukisan wajah Bung Karno (4x16 mm), wajah Soeharto (8x12 mm) dan tokoh lawak Indonesia Gogon (3x5 mm).

2. Didik Saifudin Zuhri (0,5 mm)

Karya kaligrafi yang lazim dikenal biasanya dibuat dengan tampilan yang jelas terbaca tanpa menghilangkan unsur seni. Namun di Malang, Jawa Timur ditemukan seni kaligrafi hanya berukuran setengah milimeter. Adalah Haji Didik Saifuddin Zuhri yang dikenal sebagai pelukis kaligrafi mikro.
Karya kaligrafinya yang paling fenomenal adalah lafal Basmalah berlatar belakang Ka'bah dan Hajar Aswad berukuran 1,5 milimeter. Ia memerlukan waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya karena memakai huruf lebih banyak. Sayang, kaligrafi mikro yang diklaim terkecil di dunia ini ditolak Museum Rekor Indonesia (MURI).

1. Deddy Efendy (0.4x0,45 mm)
Deddy Effendie adalah seorang pelukis yang berkarya dengan lukisan-lukisan super mini. Lukisan terkecilnya berukuran 0,4 mm x 0,45 mm yang menggambarkan seekor kucing sedang makan tikus dengan mulut yang berdarah-darah dan ekor tikus yang masih menjuntai di mulut kucing, dibutuhkan kaca pembesar untuk melihat lukisan tersebut.

sumber:
http://www.muri.org/
http://berita.liputan6.com/
http://hurek.blogspot.com/
http://makassartgallery.blogspot.com/
http://shantiyani.blogspot.com/
http://www.pmi.or.id/
http://books.google.co.id/
http://www.jawapos.co.id/
http://dansapar.multiply.com/
http://rekor.blogspot.com/
http://www.indosiar.com/
http://www.suaramerdeka.com/
http://kickandy.com/theshow/
http://mediaranahjaya.blogspot.com

27 comments:

  1. Wah salut aku bisa Ngelukis kecil2 banget kaya gtu ahah.......ga kebayang susahnya tuh Sob.....salut dah pokoknya.........

    Link'y udah aku pasang balik ya Sob...& udah kufollow balik(DJ Site)....thnx ya Sob...silahkan dicek

    ReplyDelete
  2. waduh wah wah keren yaaa. manusia memang cerdas, ada saja kreasinya. NICE sob, oya linknya sudah aku pasang juga + follow. aku akan rutin kesini :)

    ReplyDelete
  3. kreatif bnget deh...
    perkembangan dunia seni,khususnya seni lukis.

    ReplyDelete
  4. yah, ga dapet pertamaZX, hikz,
    pelukisnya serem2 ya, hihihi

    ReplyDelete
  5. Wow ... hebat banget bisa ngelukis sekecil itu

    ReplyDelete
  6. luar biasa bro.
    Ngelukis pake kanvas segede jendela aja msh belepotan...
    apalagi kl disuruh ngelukis di media sekecil itu ya?
    Thx infonya...

    ReplyDelete
  7. kaLau saya sangat suka sekaLi dengan karyanya Ki Djoko Sutedjo, waLaupun secara detaiLnya beLum penah Lihat dan proses pembikinannya pun beLum tau harus memakan waktu berapa Lama.
    namun kiranya haL tersebut seLain untuk mencapai penhargaan MURI juga bisa dikembangkan untuk meLestarikan hasiL kerajinan tangan (tradisionaLnya), misaLnya dengan cara karya-karyanya diperbanyak dan dihargai sebagai cindera mata untuk para tamu asing (pejabat atau kaLangan eLite) sebagai oLeh-oLeh khusus.
    sehingga dengan demikian seLain meningkatkan harkat martabat niLai-niLai kebudayaan Indonesia, juga dapat menjaga hak cipta produk indonesia. tidak seperti ironi pengakuan terhadap hak cipta produk (kebudayaan) reog atau batik yang terjadi dewasa ini.
    -----------------
    terima kasih atas informasinya, saya baru tau Lho kaLo ada Lukisan yang ukurannya super mini.

    ReplyDelete
  8. lukisan yang unik ne kecil sekali

    ReplyDelete
  9. keren sob.......sukses slalu ya.......

    ReplyDelete
  10. kratif banget ya, salut dengan para seniman di atas yang sangat memperhatikan detail dengan cermatnya

    ReplyDelete
  11. Kunjungan perdana gan...lukisan2 yg sngat kreatif..salut untuk para peluki2 indonesi...salam kenal

    ReplyDelete
  12. wow kereen banget.. benar2 seniman yang luar biasa.. mantaf infonya :)

    ReplyDelete
  13. aku suka jadi orang indonesia... hahaha

    ReplyDelete
  14. Aku suka sekali dengan lukisan terutama lukisan dengan gambar kuda. Setelah dipajang di ruang tamu dan hasilnya keren banget. harga lukisannya tidak terlalu mahal...hehehe Tapi btw, lukisan dengan gambar yang sangat kecil.. gimana tuh ya!? Luar biasa sekali tuh para pelukis yang mampu melukis sesuatu dengan ukuran yang sangat kecil. Top deh :)

    ReplyDelete
  15. wahhhh,, perjuangan banget ini bikinnya,, hmmmhh,, mantap :)

    ReplyDelete
  16. Saya kira Ki Joko Bodo, wkkakakkaka...
    Tapi hebat yah.
    Gak sakit tuh matanya? Mesti jeli tuh.

    ReplyDelete
  17. Buseet..gambranya pake kaca pembesar.
    Gak kebayang ribetnya kayak apa tuh.
    Mantaf..mantaf! :)

    ReplyDelete
  18. ya ampun keren banget, pasti susah bgt @_@?
    aq bae har,cm ya gitu sllu males onlen ^^
    oh y ada tag n award bwt qm har ~_~

    ReplyDelete
  19. weizzzzzzzzz... keren abiez ya. sy jdi pnsran bgt pngen liat lukisan2 mini di atas. soalnya blm pernah liat sob..

    ReplyDelete
  20. wow keren banget. mo lihat lukisannya seperti apa?
    bisa lihat dimana ya mas?

    ReplyDelete
  21. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil amerika

    ReplyDelete
  22. Harga Mobil Bekas toyotaApril 18, 2014 at 8:53 PM


    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Mobil bekas Toyota

    ReplyDelete

  23. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Reza Rahadian

    ReplyDelete
  24. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia

    sukses selalu

    ReplyDelete
  25. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia

    sukses selalu

    ReplyDelete