Wednesday, April 21, 2010

10 Kerajaan Tertua di Indonesia yang mungkin anda belum mengetahuinya

10. Kerajaan Sunda (669-1579 M)
Kerajaan Sunda (669-1579 M), menurut naskah Wangsakerta merupakan kerajaan yang berdiri menggantikan kerajaan Tarumanagara. Kerajaan Sunda didirikan oleh Tarusbawa pada tahun 591 Caka Sunda (669 M). Menurut sumber sejarah primer yang berasal dari abad ke-16, kerajaan ini merupakan suatu kerajaan yang meliputi wilayah yang sekarang menjadi Provinsi Banten, Jakarta, Provinsi Jawa Barat , dan bagian barat Provinsi Jawa Tengah.
Berdasarkan naskah kuno primer Bujangga Manik (yang menceriterakan perjalanan Bujangga Manik, seorang pendeta Hindu Sunda yang mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di Pulau Jawa dan Bali pada awal abad ke-16), yang saat ini disimpan pada Perpustakaan Boedlian, Oxford University, Inggris sejak tahun 1627), batas Kerajaan Sunda di sebelah timur adalah Ci Pamali ("Sungai Pamali", sekarang disebut sebagai Kali Brebes) dan Ci Serayu (yang saat ini disebut Kali Serayu) di Provinsi Jawa Tengah.

9. Kerajaan Kanjuruhan (Abad ke-6 M)

Kanjuruhan adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu di Jawa Timur, yang pusatnya berada di dekat Kota Malang sekarang. Kanjuruhan diduga telah berdiri pada abad ke-6 Masehi (masih sezaman dengan Kerajaan Taruma di sekitar Bekasi dan Bogor sekarang). Bukti tertulis mengenai kerajaan ini adalah Prasasti Dinoyo. Rajanya yang terkenal adalah Gajayana. Peninggalan lainnya adalah Candi Badut dan Candi Wurung.

8. Kerajaan Kalingga (Abad ke-6 M)

Kalingga adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu di Jawa Tengah, yang pusatnya berada di daerah Kabupaten Jepara sekarang. Kalingga telah ada pada abad ke-6 Masehi dan keberadaannya diketahui dari sumber-sumber Tiongkok. Kerajaan ini pernah diperintah oleh Ratu Shima, yang dikenal memiliki peraturan barang siapa yang mencuri, akan dipotong tangannya.
Putri Maharani Shima, Parwati, menikah dengan putera mahkota Kerajaan Galuh yang bernama Mandiminyak, yang kemudian menjadi raja kedua dari Kerajaan Galuh.
Maharani Shima memiliki cucu yang bernama Sanaha yang menikah dengan raja ketiga dari Kerajaan Galuh, yaitu Brantasenawa. Sanaha dan Bratasenawa memiliki anak yang bernama Sanjaya yang kelak menjadi raja Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh (723-732 M).
Setelah Maharani Shima meninggal di tahun 732 M, Sanjaya menggantikan buyutnya dan menjadi raja Kerajaan Kalingga Utara yang kemudian disebut Bumi Mataram, dan kemudian mendirikan Dinasti/Wangsa Sanjaya di Kerajaan Mataram Kuno.
Kekuasaan di Jawa Barat diserahkannya kepada putranya dari Tejakencana, yaitu Tamperan Barmawijaya alias Rakeyan Panaraban.
Kemudian Raja Sanjaya menikahi Sudiwara puteri Dewasinga, Raja Kalingga Selatan atau Bumi Sambara, dan memiliki putra yaitu Rakai Panangkaran.

7. Kerajaan Barus (Abad ke-6 M)

Kesultanan Barus merupakan kelanjutan kerajaan di Barus paska masuknya Islam ke Barus. Islam masuk ke Barus pada awal-awal munculnya agama Islam di semenanjung Arab.
Dalam sebuah penggalian arkeologi, ditemukan Makam Mahligai sebuah perkuburan bersejarah Syeh Rukunuddin dan Syeh Usuluddin yang menandakan masuknya agama Islam pertama ke Indonesia pada Abad ke VII Masehi di Kecamatan Barus.
Kuburan ini panjangnya kira-kira 7 meter dihiasi oleh beberapa batu nisan yang khas dan unik dengan bertulisan bahasa Arab, Tarikh 48 H dan Makam Mahligai merupakan Objek Wisata Religius bagi umat Islam se-Dunia yang Letaknya 75 Km dari Sibolga dan 359 Km dari Kota Medan.
Raja pertama yang menjadi muslim adalah Raja Kadir yang kemudian diteruskan kepada anak-anaknya yang kemudian bergelar Sultan.
Raja Kadir merupakan penerus kerajaan yang telah turun-temurun memerintah Barus dan merupakan keturunan Raja Alang Pardosi, pertama sekali mendirikan pusat Kerajaaannya di Toddang (tundang), Tukka, Pakkat - juga dikenal sebagai negeri Rambe, yang bermigrasi dari Balige dari marga Pohan.
Pada abad ke-6, telah berdiri sebuah otoritas baru di Barus yang didirikan oleh Sultan Ibrahimsyah yang datang dari Tarusan, Minang, keturunan Batak dari kumpulan marga Pasaribu, yang akhirnya membentuk Dulisme kepemimpinan di Barus.

6. Kerajaan Tarumanegara (358-669 M)
Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M. Taruma merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan sejarah. Dalam catatan sejarah dan peninggalan artefak di sekitar lokasi kerajaan, terlihat bahwa pada saat itu Kerajaan Taruma adalah kerajaan Hindu beraliran Wisnu.
Bila menilik dari catatan sejarah ataupun prasasti yang ada, tidak ada penjelasan atau catatan yang pasti mengenai siapakah yang pertama kalinya mendirikan kerajaan Tarumanegara. Raja yang pernah berkuasa dan sangat terkenal dalam catatan sejarah adalah Purnawarman. Pada tahun 417 ia memerintahkan penggalian Sungai Gomati dan Candrabaga (Kali Bekasi) sepanjang 6112 tombak (sekitar 11 km). Selesai penggalian, sang prabu mengadakan selamatan dengan menyedekahkan 1.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.
Bukti keberadaan Kerajaan Taruma diketahui dengan tujuh buah prasasti batu yang ditemukan. Empat di Bogor, satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten. Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan beliau memerintah sampai tahun 382 M. Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman ada di sekitar sungai Gomati (wilayah Bekasi). Kerajaan Tarumanegara ialah kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

5. Kerajaan Kutai Martadipura (350-400 M)
Kutai Martadipura adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam. Nama Kutai diambil . Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh.

4. Kerajaan Sekala Brak (Abad ke-3 M)

Sekala Brak (Baca: Sekala Bekhak) adalah sebuah kerajaan yang bercirikan Hindu dan dikenal dengan Kerajaan Sekala Brak Hindu yang setelah kedatangan Empat Umpu dari Pagaruyung yang menyebarkan agama Islam kemudian berubah menjadi Kepaksian Sekala Brak, terletak di kaki Gunung Pesagi (gunung tertinggi di Lampung) Yang menjadi cikal-bakal suku bangsa etnis Lampung saat ini.

3. Kerajaan Melayu Tua Jambi (Abad ke-2 M)
Dharmasraya merupakan nama ibukota dari sebuah Kerajaan Melayu di Sumatera, nama ini muncul seiring dengan melemahnya kerajaan Sriwijaya setelah serangan Rajendra Coladewa raja Chola dari Koromandel pada tahun 1025.
Dalam naskah berjudul Chu-fan-chi karya Chau Ju-kua tahun 1225 disebutkan bahwa negeri San-fo-tsi memiliki 15 daerah bawahan, yaitu Che-lan (Kamboja), Kia-lo-hi (Grahi, Ch'ai-ya atau Chaiya selatan Thailand sekarang), Tan-ma-ling (Tambralingga, selatan Thailand), Ling-ya-si-kia (Langkasuka, selatan Thailand), Ki-lan-tan (Kelantan), Ji-lo-t'ing (Cherating, pantai timur semenanjung malaya), Tong-ya-nong (Terengganu), Fo-lo-an (muara sungai Dungun, daerah Terengganu sekarang), Tsien-mai (Semawe, pantai timur semenanjung malaya), Pa-t'a (Sungai Paka, pantai timur semenanjung malaya), Pong-fong (Pahang), Lan-mu-li (Lamuri, daerah Aceh sekarang), Kien-pi (Jambi), Pa-lin-fong (Palembang), Sin-to (Sunda), dan dengan demikian, wilayah kekuasaan San-fo-tsi membentang dari Kamboja, Semenanjung Malaya, Sumatera sampai Sunda.

2. Kerajaan Salakanagara (130-362 M)

Kerajaan ini adalah kerajaan yang pertama di daerah Jawa Barat yang pernah tercatat oleh sejarah. Salakanagara, berdasarkan Naskah Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara (yang disusun sebuah panitia dengan ketuanya Pangeran Wangsakerta) diperkirakan merupakan kerajaan paling awal yang ada di Nusantara).
Nama ahli dan sejarawan yang membuktikan bahwa tatar Banten memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi, antara lain adalah Husein Djajadiningrat, Tb. H. Achmad, Hasan Mu’arif Ambary, Halwany Michrob dan lain-lainnya. Banyak sudah temuan-temuan mereka disusun dalam tulisan-tulisan, ulasan-ulasan maupun dalam buku. Belum lagi nama-nama seperti John Miksic, Takashi, Atja, Saleh Danasasmita, Yoseph Iskandar, Claude Guillot, Ayatrohaedi, Wishnu Handoko dan lain-lain yang menambah wawasan mengenai Banten menjadi tambah luas dan terbuka dengan karya-karyanya dibuat baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
Pendiri Salakanagara, Dewawarman adalah duta keliling, pedagang sekaligus perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang akhirnya menetap karena menikah dengan puteri penghulu setempat.

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi)
Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada 1 Sebelum Masehi, mendahului berdirinya kerajaan Moloyou atau Dharmasraya di Sumatera Tengah. Dua tokoh yang sering disebut sebagai raja kerajaan ini adalah Patih dan Tumenggung.

Maharaja Diraja, pendiri kerajaan ini, sesampainya di Bukit Bakau membangun sebuah istana yang megah yang dinamakan dengan Istana Dhamna. Putra Maharaja Diraja bernama Darmaswara dengan gelar Mangkuto Maharaja Diraja (Putra Mahkota Maharaja Diraja) dan gelar lainnya adalah Datuk Rajo Tunggal (lebih akrab dipanggil). Datuk Rajo Tunggal memiliki senjata kebesaran yaitu keris berhulu kepala burung garuda yang sampai saat ini masih dipegang oleh Danial gelar Datuk Mangkuto Maharajo Dirajo. Datuk Rajo Tunggal menikah dengan putri yang cantik jelita yang bernama Bunda Pertiwi. Bunda Pertiwi bersaudara dengan Bunda Darah Putih. Bunda Darah Putih yang tua dan Bunda Pertiwi yang bungsu. Setelah Maharaja Diraja wafat, Datuk Rajo tunggal menjadi raja di kerajaan Kandis. Bunda Darah Putih dipersunting oleh Datuk Bandaro Hitam. Lambang kerajaan Kandis adalah sepasang bunga raya berwarna merah dan putih.

sumber:
http://mozaikminang.wordpress.com/
http://ahmadsamantho.wordpress.com/
http://kaskus.us/
http://buaypernong.blogspot.com/
http://en.wikipedia.org/
http://id.wikipedia.org/
http://melayuonline.com/
http://pariwisata.lampung.go.id/
http://mediaranahjaya.blogspot.com/
bilamana ada kesalahan dalam artikel ini mohon diralat, terima kasih.

ads

Ditulis Oleh : Buret Hari: 9:35 PM Kategori:

92 komentar:

  1. rajinya lumayan wat tambahan klo ada yg mau cari artikel kesini aja yah.. tukeran link yah.... biar gampang cariNYA

    ReplyDelete
  2. siip'' Thanks inpoh nya ^^

    ReplyDelete
  3. selamat berjuang & teruskan

    ReplyDelete
  4. Coba ada gambar kerajaannya....!!!

    ReplyDelete
  5. kyaknya banyak yg salah sejarah itu ya,,,

    ReplyDelete
  6. salah itu artikelnya,maunya peringkat pertama itu kerajaan KUTAI kalo bkin artikel di lhat dlo donk jngn asal COPAS aja donk loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju n betul, salah banget klo tidak di terangkan kerajaan kutai kaltim

      Delete
  7. Lalu mengapa kurikulum pendidikan pada mata pelajaran sejarah bahwa kerajaan tertua adalah kerajaan Kutai? Sebaiknya kurikulum perlu dirvisi lagi bahwa ada kerajaan yang lebih tua lagi dari kerjaan Kutai yaitu kerajaan Kandis (sebelum masehi), Kerajaan Salakanagara (130-362 M), kerjaan Melayu Tua Jambi (abad 2 M). Betul???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyknya perlu di telusuri blogspot ini...

      Delete
  8. jah dikata kutai kerajaan pertama
    makanya gk selamanya buku pelajaran itu up to date
    terkadang berisi informasi basi itu buku pelajaran

    ReplyDelete
  9. terima kasih kepada yg menulis info ini

    ReplyDelete
  10. DUH MAS... TOLONG DATANYA DIRISET LAGI...

    kalau mau dirunut dari time line, ga mungkin kerajaan kandis berdiri sebelum masehi...

    clue 1. penanggalan masehi didasarkan pada hari kmetian nabi Isa, jadi sudah pasti Nabi Muhammad saw, penyebar Islam belum ada...

    clue 2. waliullah seringkali diartikan sebagai keturunan nabi Muhammad, atau ulama penyebar Islam, ex. walisongo

    clue 3. dikatakan kerajaan kandis didirikan oleh keturunan dari waliullah yang bernama Islam Iskandar Zulkarnaen. kendati kerajaan tersebut berdiri sebelum Nabi Muhammad sendiri dilahirkan...

    Kesimpulan, tidak mungkin kerajaan kandis yang pendirinya anak cucu waliullah telah ada sebelum Masehi, sedangkan Nabi Muhammad sendiri baru terlahir setelah Masehi... Wallahu'alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bnyak ngawurnya, mungkin cm copas tnp penelitian lebih lnjut.. Malas tuh lebih berbahaya dari sekedar bodoh..

      Delete
    2. ini info blog bisa merusak sejarah...

      Delete
    3. yg bilang kerajaan kandis itu islam siapa mas ?
      kerajaan kandis itu memang kerajaan pertama di nusantara
      tau sejarah gak ?

      Delete
  11. ngawur nih artikelnya

    ReplyDelete
  12. Ok. Nt di edit ulang yahh artikelx wajai penulis

    ReplyDelete
  13. trnyta bnyk jg nma krjaan yg lom ku kthui y...cba dr awl sklh dh tau sjrhny mkn bsa lbih tau lg sjrh krjaan trtua d indonesia y...

    ReplyDelete
  14. pnen bngt neeh tau prfil ny lbh lngkp lg...plus gmbar...tp ko g d bhas mslh walisongo yg notabene pling trkn sjrhny d bmi indonesia....??apa ada kaitan ny dgn sjrh islam atau hnya crta aja...??

    ReplyDelete
  15. kalo ada gambarnya pasti lebih lengkap..

    ReplyDelete
  16. artikelnya banyak ngawur dan tidak ilmiah. sudah ada bukti kerajaan tertua adalah kerajaan hindu kutai abad 4 masehi, sebelum masuknya islam. disana ada bukti prasasti batu dan makan transisi dari hindu ke islam. jadi sebelum masuknya hindu abad ke 4 masehi, bangsa indonesia adalah penganut animisme dan dinamisme.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe ente yg ngawur
      disumatra masih bnyak lg kerajaan2 yg lebih dulu dri kerajaan kutaii

      Delete
  17. mungkin banyak info yang keliru atau krg dianggap akurat tetapi setidaknya semua kita cinta sejarah Indonesia...mari gali terus sejarah Indoesia yang masih terkubur.

    ReplyDelete
  18. keliru banget! poin ke 4 skala brak dikatakan dari pagaruyung. kerajaan pagaruyungnya pointnya disini malah tidak ada hehe.. kacau. yang kedua gak salah tuh sejarah kandis disitu kok mirip sejarah minangkabau yang jelas2 pernah berkuasa sampai ke kandis kuantan itu sendiri. Moloyu-dhamasraya itu kerajaan tertua di SUMATERA bukan indonesia pusatnya hulu dan hilir sungai batanghari jambi-sumaterabarat (minangkabau) prasasti kedukan bukit mengatakan minanga. sedang kandis tak pernah disebut2 dalam prasasti. jelas karangan diatas menyesatkan.

    ReplyDelete
  19. sejarah juga bisa dilihat dari pengaruhnya sekarang. Disini saya kemukakan fakta sekarang yg ada dikandis kuantan riau.

    1. masyarakat yg ada dikandis kuantan itu memakai adat minagkabau (sumatera barat)
    2. dialek yg digunakan minangkabau.
    3. Kadang menggunakan adat melayu (adanya pengaruh dari kerajaan melayu seberang)
    4. budaya randainya khas minangkabau sumbar (tak ada istilah randai kuantan atau melayu itu luas. karna tidak ada randai ditempat lain)
    5. bendera adat merah kuning hitam adalah bendera kerajaan pagaruyung sumaterabarat.
    6. suku yang dominan suku piliang, chaniago (minangkabau sumbar) dan melayu (pengaruh seberang)
    7. tambo kuantan (kandis) aseli tambo tulisan khas minangkabau yg sudah direvisi tentang asal nenek noyang.
    8. rumah adat kuantan ini jelas sekali rumah adat minangkabau yg diminimaliskan sdikit. (coba jujur perhtikan lagi rumah tuanya).
    9. Daerah kandis kuantan mulai dikenal sejak jayanya malaka -johor -pagaruyung. daerah ini digunakan sungainya untuk hubungan dagang malaka dan pagaruyung.
    10. raja pagaruyung terakhir sumaterabarat melarikan diri ke kuantan dan membangun kerajaan baru disana. dikarenakan kuantan memang daerah kekuasaan paguruyung dahulunya. tidakkan mungkin seorang raja membangun kerajaan baru yg bukan di daerah kekuasaanya.

    nah sekarang faktanya minangkabau peradaban tertua dismutera juga melayu tidak pernah mencatat adanya kerajaan kandis dalam literatur mereka. jikapun ada kerajaan kandis sudah pasti itu anak kerajaan minangkabau karena latar belakang tersebut diatas (budaya yg dipakai dikuantan budaya minagkabau dan melayu. bisa juga anak kerjaan melayu.
    pertanyaanya
    bagaimana bisa kandis kuantan itu kerajaan tertua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. koreksi. pusat melayu itu justru RIAU, bukan seberang ( Malingsia)

      Delete
  20. azzah_nayla:
    ada kerajaan yang lebih tua lagi dari kerjaan Kutai yaitu kerajaan Kandis (sebelum masehi), Kerajaan Salakanagara (130-362 M), kerjaan Melayu Tua Jambi (abad 2 M). Betul???

    buat saudari azzah_nayla jangan mudah terkecoh sesuatu yg tidak jelas tnpa ada bukti2nya.
    Betul kata saudara yg diatas saya, bukti yg bisa dipegang paling akurat adalah prasasti.

    Kerajaan kandis yg dipaksakan tua ini berada dalam wilayah pinggir riau (melayu) yang penduduknya beradat minang (sumbar). Permasalahan disini sekarang mereka tidak mengakui berdarah minang lalu berusaha mencari jatidiri mereka sendiri. Untuk Riau sumbar jambi dan skitarnya paham akan hal ini tapi tidak untuk daerah lain.

    Dimelayu asli sendiri tidak mengerti dan beda sekali budayanya dengan penduduk kuantan (kandis ini)yg 99% beradat minang.

    tulisan tentang kandis di copy paste dah kemana-mana lalu digadang-gadangkan untuk mencari dukungan yang jelas mempunyai kepentingan tersendiri.

    salam untuk pengarang pertamanya.

    ReplyDelete
  21. krochmadi@yahoo.comMarch 12, 2012 at 8:42 PM

    sip.kayaknya ada perubahan sejarah sy dah terlanjur lulus S2 sejarah. dengan sejarah yg lama.

    ReplyDelete
  22. ada kok yang lebih tua.. yaitu Kerajaan Medang Kamulan.. yg konon ada di pulau Jawa.. tp ga tau ada dimana.. ini terkait dengan asal penciptaan huruf Jawa yaitu: Ha - Na - Ca - Ra - Ka dst....
    tp ini klo ga salah loh....
    kamulan artinya adalah permulaan

    ReplyDelete
  23. Klo ga salah nama rajanya adalah Prabu Dewata Cengkar.. yang konon katanya suka makan daging manusia...hmm jd inget idiamin dari uganda... dan juga jd inget DR. Hanibal hiii....

    ReplyDelete
  24. Plato, filosof kelahiran Yunani (Greek philosopher) yang hidup 427-347 Sebelum Masehi (SM). Plato adalah salah seorang murid Socrates, filosof arif bijaksana, yang kemudian mati diracun oleh penguasa Athena yang zalim pada tahun 399 SM. Plato sering bertualang, termasuk perjalanannya ke Mesir. Pada tahun 387 SM dia mendirikan Academy di Athena, sebuah sekolah ilmu pengetahuan dan filsafat, yang kemudian menjadi model buat universitas moderen. Murid yang terkenal dari Academy tersebut adalah Aristoteles yang ajarannya punya pengaruh yang hebat terhadap filsafat sampai saat ini.

    Dengan adanya Academy, banyak karya Plato yang terselamatkan. Kebanyakan karya tulisnya berbentuk surat-surat dan dialog-dialog, yang paling terkenal mungkin adalah Republic. Karya tulisnya mencakup subjek yang terentang dari ilmu pengetahuan sampai kepada kebahagiaan, dari politik hingga ilmu alam. Dua dari dialognya “Timeus dan Critias” memuat satu-satunya referensi orisinil tentang pulau Atlantis.

    Bagaimana hubungannya dengan Iskandar Zulkarnain, Iskandar adalah anak dari Raja Makedonia, Fillipus II. Ketika berumur 13 tahun, Raja Filipus mempekerjakan filsuf Yunani terkenal, Aristoteles, untuk menjadi guru pribadi bagi Iskandar. Dalam tiga tahun, Aristoteles mengajarkan berbagai hal serta mendorong Iskandar untuk mencintai ilmu pengetahuan, kedokteran, dan filosofi.

    Iskandar Zulkarnain murid dari Aristoteles, dan Aristoteles murid dari Plato. Dari hubungan ini dapat diduga bahwa keturunan Iskandar Zulkarnain yang sampai ke Lubuk Jambi terinspirasi untuk membangun sebuah peradaban/Negara yang ideal seperti Atlantis. Maka mereka membangun sebuah istana dhamna “sebuah replika Atlantis”. Namun semua ini masih perlu pengkajian yang lebih mendalam.
    KESIMPULAN

    Dari penelitian pendahuluan ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

    Bukit yang terletak pada 0042’58 LS dan 101020’14 BT diduga sebagai situs peninggalan Kandis yang dimaksudkan didalam tombo/cerita adat.
    Kerajaan Kandis diduga sebagai peradaban awal di nusantara.
    Kerajaan Kandis merupakan replika dari kerajaan Atlantis yang hilang.

    Kesimpulan ini masih bersifat dugaan atau hipotesa untuk melakukan penelitian selanjutnya. Oleh karena itu penelitian arkeologis akan menjawab kebenaran dugaan dan kebenaran tombo/mitos yang ada ditengah-tengah masyarakat.

    ReplyDelete
  25. gak bener sejarah ini..
    kalau mau nulis liat asal usulnya dulu

    ReplyDelete
  26. hehehe..... wah kelitannya seru nih, ty udah share.Btw tp sori gan sebelumnya.... untuk artikel ini refrensinya kok "fail" link yang tercantum kok ga jelas..... tolong di update lg untuk keabsyahan artikel ini, kasian yg baca gan..

    ReplyDelete
  27. kuru kulum harus di perbaharui untuk

    ReplyDelete
  28. kuru kulum harus di perbaharui untuk

    ReplyDelete
  29. Kerajaan tertua nusantara adalah Tanjung Puri Kalimantan selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerajaan tanjung puri itu didirikan oleh malayu sumatra

      Delete
  30. yang ngarang pasti orang kandis (kuantan Riau) hehe..
    maksa boss. ente mah minang sebagian kecil lagi melayu dari malaysia. Peradaban ente lahir setelah meredupnya Kerajaan Besar minangkabau dan melayu trus adopsi kultur. Coba tanya suku nenek anda sebelum nulis beginian, piliang ato caniago? kasian yg mo cari jati diri tapi malah gak nemu-nemu hakhak..

    ReplyDelete
  31. yg tertua tuh kutai

    ReplyDelete
  32. kalau diskusi hal sejarah pastilah kita berpikiran ilmiah dan objektiv, berikan alasan yang kuat atas pendapat anda dan hargai pendapat orang lain dengan bukti dan argumentasinya. jangan bawa bawa suku dan asal kita sebagai bukti penguat sejarah. ini debat kusir apa?

    ReplyDelete

  33. Trims..... Artikelnya..... Bagus...
    Tambah lagi.......
    Mas..... Zulkarnain itu... Memang sebelum nabi muhammad........ Hahaha...... Baca buku yang lain juga, jangan yang ter jemahan aja....

    ReplyDelete
  34. YANG PALING TUA ITU YA...EMBAHKU.....EMBAH NABI ADAM......HEHEH GITU AJA KOK REPOT........

    ReplyDelete
  35. Secara pribadi saya menghargai upaya untuk memberikan informasi oleh penulis ini, meskipun saya tidak langsung menjadikannya sebagai referensi, saya pun tidak akan berpikir untuk mencela, karena saya tidak memiliki argumentasi yang lebih baik.

    Mungkin kita harus belajar menghargai orang lain, karena kita sendiri belum tentu lebih hebat.

    Untuk penulis, saya berterima kasih. Minimal saya memiliki bahan acuan untuk searching kerajaan2 yang anda tulis untuk crosscheck datanya.

    ReplyDelete
  36. yg paling tua alien, yg nurunin jejak di bumi

    ReplyDelete
  37. Kerajaan tertua di daratan Sumatra adalah Sriwijaya dari abad 7 M, ini berdasarkan adanya bukti sejarah prasasti dan candi yang ada, kalau kerajaan Kandis hanyalah mitos, tidak ada bukti. Yang ngawur lagi, Kandis dikatakan berasal dari anak cucu Alexander The Great (itu kan mitos orang Minang yang katanya keturunan Alexander), yang jelas sejarah bumi Sumatra sebelum kedatangan Islam minim, apalagi sejarah bumi Minang dan Melayu. Ini yang harus kita pelajari dan telusuri, jangan ngomong sejarah kalau cuma dari bukti lisan.
    Mari kita hargai dan lestarikan budaya dan peninggalan nenek moyang, jangan dihancurkan.

    ReplyDelete
  38. kawan lanjutkan!!!
    jangan kau pedulikan omongan orang.
    apapun hasilnya yg pasti aku apresiasi artikelmu,,,

    n untuk yg lainnya mari kita galih sejarah daerah kita masih2.oke broo,,,

    ReplyDelete
  39. Dari pada banyak debat mending cari data ini kerajaan lagi aja.., supaya lebih valid. Ga usah nyalahin penulis lah....

    ReplyDelete
  40. klo berdasarkan peninggalan candinya yang tertua adalah kerajaan Nan Sarunai. Candinya bernama Candi Agung, th 1996 pengujian terhadap sampel arang menunjukan tahun pembuatan kisaran 242-226SM. kerajaan ini hancur akibat serbuan dari Majapahit Abad 13. Ini Kerajaan paling tua dan paling lama eksis (anggap saja kerajaan ini berdiri bersamaan dengan candinya, berarti kerajaan ini eksis 1000 th..wah gila bener)....mau tau lebih banyak gogling aja!

    ReplyDelete
  41. Untuk Indonesia bolehlah Kutai yang tertua, tapi untuk di Kalimantan..kutai menduduki urutan ke 3. Nan Sarunai dan Tanjung Puri masih lebih tua. Kerajaan Tanjung Puri pernah disinggung oleh Itsing sebagai kerajaan yang memberi suaka terhadap pelarian Kerajaan Sriwijaya. Kedua kerajaan ini bertetangga tetapi rukun, tidak ada catatan atau tutur dalam syair kuno yang menyatakan mereka pernah berperang. Kedua Kerajaan ini cikal bakal kerajaan Daha, Kuripan, Banjar dan Suku Banjar sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembohong, kalian itu sudah islam kerjaanya, kalo kutai itu terbagi jadi 2, kutai hindu itu yang paling tertua di indonesia, tapi kalo kutai kartanegara itu sudah islam jadi bukan yang paling tua, yang paling tua itu kerjaan kutai sri bangun sampai skrg masih ada tapi kalo mau lihat ga bisa pake mata telanjang harus pake ilmu kanuragan, nonton mister tukul jalan-jalan ga sih mas ?

      Delete
  42. Ada Beberapa Etnis di Madagaskar sekarang yang diduga keturunan dari pelaut-pelaut Kerajaan Nan Sarunai. Etnis-etnis ini menggunakan bahasa yang sama dengan suku dari Kerajaan Nan Sarunai yaitu Bahasa Dusun terutama Dusun Manya'an

    ReplyDelete
  43. Mendekati masa kehancuran Kerajaan Nan Sarunai ada satu tokoh yang terkenal Sakti dan patriotis yaitu Patih Lambung Mangkurat yang namanya diabadikan untuk nama Universitas di Kota Banjarmasin. Wilayah Kerajaan Nan Sarunai terletak diperbatasan KalTeng, KalSel, dan KalTim. Etnis Kerajaan Nan Sarunai adalah Dayak Meratus (Dayak Dusun), Terutama sub suku termuda yaitu Manya'an (=naik keatas/migrasi ke hulu). Pegunungan Meratus terbentang dari laut jawa terus menyisir sepanjang pantai timur kalsel sampai ke kaltim. Pegunungan Meratus dipercaya oleh orang Dayak kalTeng, KalSel, dan KalTim sebagai tempat bersemayam para dewa dan para leluhur hingga sekarang.

    ReplyDelete
  44. banyak mengandung mitos tapi bagus untuk di kembangkan karena masih banyak missing link peradapan budaya di sumatra kalau untuk jawa dan kalimantan agak jelas penanggalan dan tahun nya dari peninggalan raja2 jawa dan kutai, kalau di sumatra khusus nya melayu tatanan budaya ada mata rantai yang saling tumpang tindih tapi seolah berdiri sendiri seperti sejarah melayu kuno beda dengan sriwijaya yang mempunyai catatan peninggalan yang bertanggal dan tahun dalam bahasa sangsekerta tapi peradapan sumatra dan tatanan budaya nya sebelum sriwijaya sudah ada memang terlihat dari ciri ciri dan pola budaya melayu

    ReplyDelete
  45. gak ngerti saya mas
    dan rasanya ini kurang lengkap tolong yua dilengkapi. jika udah lengkap saya brows lagi dan saya liat klo udah bagus saya sebarin temen2 fb trus cari ni bloggernya

    ReplyDelete
  46. tipikal orang indonesia. Lemah kalau bikin sesuatu yang ilmiah. Sesuatu yang ilmiah itu harus lengkap data-datanya. kalau masih dari `hikayat`, `cerita rakyat`, dan `cerita turun temurun` jangan dilabeli ilmiah.
    sejarah kerajaan hanya dicatat dalam bentuk TERTULIS, kalau ga ada maka itu masih spekulasi. bukti tertulis tertua kerajaan indonesia itu ada pada kerajaan Kutai.

    ReplyDelete
  47. Kerajaan tertua di Indonesia adalah kerajaan Lenteng yang memiliki raja bernama Anton Alexander the geat,klu gk percaya,coba Malian baca Dan telusuri lg sejarah kerajaan di nusantara.

    ReplyDelete
  48. Paruik ang pika an yuang,lai ka Makan ang bisuak ko !,,

    ReplyDelete
  49. ini info kayaknya asal2 deh,, gak hati2 nulisnya... gak mungkin islam masuk di kerajaan barus... islam masuk di kerajaan Peureulak dan berkembang di kerajaan Jeumpa dan samudra pasai pertama sekali,,,
    terus dikatakan adanya islam masuk di kerajaan salaek brak pada abad 3 m,,, itu gak mungkin . karna Nabi Muhammad SAW lahir aja pada tahun 571 masehi.... tolong dibenahi lagi ya.. hehehe.. semangat oke... kita pasti bisa kok.. jgn marah ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di barus mungkin saja pak...barus terkenal dengan kapur "barus" yang menembus kancah internasional...dikisahkan dulu kapur barus itu kalau ditukar seharga emas...bahkan beberapa kisah menjelaskan muhammad juga suka dan memakai kapur "barus"....tapi kalau sebelum muhammad seperti salaek brak....saya ragu...hahahaha

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. ada yg rancu dgn penanggalan kerajaan2x dinusantara. Terkait politik penjajahan eropa.

    ReplyDelete
  54. Mayan buat nambah pengetahuan sejarah ...

    ReplyDelete
  55. Ӏ'm really enjoying the design and layout of your blog. It's a very easy on the eyes whiсh makеs it muсh
    morе pleasаnt for me to cοme herе and ѵіsit more oftеn.
    Did you hirе out а desіgner to cгеate your theme?
    Outstanԁing work!

    Аlso vіsіt my pagе: simply click the following website page

    ReplyDelete
  56. I am extrеmеly іnspіred tοgеtheг with
    yοur ωriting abіlіtіes aѕ nеatly аs with the lаyout for yοur
    weblog. Is this a pаid theme or did you customize it yourself?

    Еithеr way keep up the eхcellent quality writing, it is
    гare tο ρeer a nice ωеblog like
    thіs оne toԁаy..

    Also visit my homepage - synthetic steroids
    My page > steroids and athletes

    ReplyDelete
  57. Infonya ngacooo..
    Yg nimbrung juga banyak yg ngacoo..
    Jgn pd lgsg ngasal lah. dangkal

    ReplyDelete
  58. You аctually mаκe it ѕeem sο
    easу wіth youг ρresеntation but I finԁ thiѕ topic tο
    be really somеthing which I think I woulԁ neνer underѕtanԁ.

    It sеemѕ too complex and very broad foг
    me. Ӏ'm looking forward for your next post, I'll trу tо get thе hang of it!



    Fеel freе to surf to my web ѕitе visit this web page link
    my web page :: http://www.hcg-injections.com

    ReplyDelete
  59. katanya 7 buah prasasti batu peninggalan kerajaan TARUMANEGARA .. tpi ko cma 6 nihh gann ,??? 1 lagi kmana ,.???

    ReplyDelete
  60. kerajaan kutai hindu yang paling tertua

    ReplyDelete
  61. bagi sy itu adalah rentetan sejarah itu pst dimulai dari barat dulu baru ketimur( sprt halnya kemajuan sebuah negara sekarang,negara barat lebih maju dr negara timur) Nah,mengacu dari pada itu kemungkinan sebagai kerajaan tertua pst ada,cm krn bukti yg sulit untuk ditemukan! dlm sejarah jg sering disebutkan bahwasannya kerajaan yg kuat akan menjajah/menghancurkan kerajaan yg lemah dimana disana jg terjadi perampasan harta,penghancuran kebudayaan dan penghancuran tempat2 yg menjadi ciri khas,begitu man...!
    so.....para arkeolog aja susah membuktikan! nah,kok kita bisanya OMDO( omong doang)

    ReplyDelete
  62. Wew, critanya asik. Yg mw cari kebenaran, lho coid dlu ngadep ama Sang Pencipta, nah lho tanya sepuasnya, pasti benernya. Klo smw yg tertulis di bukti2 sejarah blm isa 100persen. Banya yg di ubah2 seseai opini.

    ReplyDelete
  63. pak pak..minta bukti prasasti atau apa pak..agar kalau ditanya nanti bisa memberi alasan kuat...makasih

    ReplyDelete
  64. Kerajaan Nansarunai juga termasuk kerajaan tertua !!!!!!

    ReplyDelete
  65. katanta kerajaan kutai yg tertua di indonesian gan,bner gak?

    ReplyDelete
  66. Apa yg kalian katakan menurut pengetahuan anda itu semua betul, tapi kurang tepat, karena kita semua tdk tahu kejadian sebenarnya,

    ReplyDelete
  67. Anehnya semua kerajaan tersebuh entah hilang di telan apa.. Contohnya Kerajaan Kalingga yang dulunya di kenal di daerah jepara, namun sisa2 peninggalannya sampai sekarang belum di ketemukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerajaan kalingga dimasa jayanya juga pernah menaklukkan kerajaan dichina dan ditempat lain. bahkan sebuah kerajaan Dayak Kendayan dipesisir kalbar barat (lupa saya namanya, yang pasti bukan mempawah atau sambas karena kedua kerajaan tersebut belum lahir), MEMINTA BANTUAN kerajaan kalingga untuk menghancurkan kerajaan Satona (kerajaan Dayak banyadu dipedalaman) yang saat itu cukup kuat dan dibenci oleh kerajaan Dayak lainnya. pasukan kerajaan dayak kendayan yang saya lupa namanya tersebut bersama ribuan prajurit kerajaan kalingga menyerang Banyuke (ibukota kerajaan satona) pada waktu malam hari, ini menyebabkan keluarga raja melarikan diri ke hilir sungai banyuke, dan suatu saat keturunannya membangun kerajaan Jaring.

      setelah menghancurkan kerajaan satona pasukan kerajaan dayak kendayan dan sekutunya pasukan kerajaan kalingga untuk beberapa lama tinggal di banyuke, istilah bahasa mereka yang terekam/diingat oleh warga Dayak banyadu di bandong (kota besar / pusat pemerintahan) Banyuke (ibukota kerajaan satona) seperti: tupe. jarian, mampat, dll saya banyak lupa, nah istilah-istilah tersebut dikira oleh Dayak Banyuke / banyadu sebagai BILANGAN HAMMOT (hantu/setan), orang dayak banyadu/banyuke menyebut para prajurit kalingga yang membantu kerajaan Dayak kendayan yang bermusuhan dengan kerajaan satona tersebut dengan sebutan hammot (hantu/setan) mungkin karena sangat benci dengan para prajurit kalingga yang bersekutu dengan prajurit sebuah kerajaan kendayan tersebut...jadi seperti orang islam fanatik yang membenci yahudi sehingga menyebutkan yahudi dengan istilah setan.

      suatu saat penerus kerajaan satona yang membangun kerajaan Jaring / darit....lalu menikah dengan putri dara itam (gelar) putri raja patih paramula dari kerajaan sangah tamila (kerajaan Dayak kendayan dipedalaman) rakyat kerajaan jaring dan rakyat putri dara itam (kerajaan sengah) tersebut juga akhirnya berasimilasi dan bahkan dengan Dayak balangin perkawinan tiga subsuku Dayak tersebut membentuk Dayak darit.

      Delete
  68. sebenarnya ada cukup kerajaan indonesia paling tua yang tidak terekam sejarah indonesia modern, misal di kalbar ada kerajaan sapangkok yang telah eksis ditahun sebelum masehi (sekitar 1700 SM dan berlangsung sampai di tahun masehi sekitar tahun 400 masehi. itu adalah kerajaan rumpun Dayak Klemantan dengan rumpun Dayak Iban ketika masih satu bahasa / satu subsuku yaitu Dayak Kendayan. kperpecahan awal tersebut menyebabkan warganya berpencar ke arah timur kalbar dan sarawak.....lalu setelah sekian lama ada yang membangun kerajaan baru yaitu kerajaan Tampun Juwah sekitar tahun..600 SM dan kerajaan tersebut juga eksis sampai di abad masehi...

    ketika berpencar mereka bertemu dan berasimilasi dengan rumpun Dayak ot danum/ngaju dan Dayak punan (kedua suku tersebut adalah rumpun Dayak paling tua)...asimilasi Dayak kendayanik dengan Dayak ot Danum tersebut melahirkan bahasa-bahasa/subsuku-subsuku Dayak baru yaitu Dayak bidayuhik (bakati, banyadu, jangkang, hibun, noyang, biatah, bidayuh dll) . suatu saat moyang kendayan yang telah menetap ditimur kalbar yang belum berasimilasi dengan Dayak otdanum dan punan, lalu hijrah ke kerajaan tampun juwah, disana mereka berasimilasi juga dengan dayak bidayuhik dan melahirkan Dayak Iban sejak itu keturunan mereka menyebar ke sarawak, mereka ini sering menaklukan masyarakat Dayak Punan yang menghuni sebagian besar daratan sarawak, dan menyatukan dayak punan baik yang asli punan maupun yang berasimilasi dengan Dayak Iban menjadi Dayak yang berbahasa Dayak Iban namun ada juga keturunan asimilasi mereka yang justru menghasilkan Dayak yang berbeda dari mereka yaitu Dayak melanau (iban = punan).

    ReplyDelete
  69. salah ketik melanau (iban=punan) seharusnya, Melanau = Iban + punan.

    ReplyDelete
  70. di point 2 dibilang kerajaan Melayu Tua (abad 2M) dimana Dharmasraya muncul seiring melemahnya Shrivijaya. Lahhh Shrivijaya sendiri itu eksis mulai abad 7. Kalo bikin article sejarah itu harus pake referensi yang akurat dan kredibel serta obyektif. yang susah itu obyektif. apalagi kalo udah nyangkut agama.

    ReplyDelete
  71. Kerajaan Kutai disimpulkan sebagai kerajaan Tertua karena belum ada bukti2 valid dan otentik yang mematahkan argumen itu. Kerajaan2 laen mungkin baru sebatas Legenda, dongeng anak-anak, dsb. Bisa saja ada Kerajaan laen yang lebih tua, tp semua harus bisa dibuktikan secara ilmiah. Kalo bicara ilmiah, berarti bukan dongeng atau sekedar legenda.

    ReplyDelete
  72. Hi2..sy suka sekali dg tmn2 ini yg mw mncari jati diri indonesia..namun terkadang terbentur ego kebangsaan masing2 suku bangsa..ga smua sejarah akan dpat ijin untuk dipaparkn..itu terkait dg bnyak aspek..terutama politik dan psatuan bangsa..krn sejarah sesungguhny menyimpan ambisi yg besar..cntohnya cina yg silih brganti dinasti..indonesia pun mengkhawatirkn itu..apa yakin dlm 50 ato 100thun kedepan Indonesia masih ada..makanya kt pun jg cerdas bisa memahami situasi ini..ga smua orang sanggup mnerima kbenaran setelah puluhan tahun diajarkn secara resmi sejarah umum yg kt tahu..sejarah yg tidak umum akn dinikmati olh kalangan tertentu saja krn ruang sejarah kt itu dikendalikn..mngkin yg lg diatas skrng tlalu bnyk kekhawatiran bila smua diungkap..ga smua orangkn rela knyamanannya berubah..apa lagi knyamanan universal bngsa kt sprti skrng..hmm..sy beri klue deh spy turut mnikmati sejarah..kerajaan pertama adalah contoh lho bagi daerah lain bhkan mnca negara dan jg sumber tatanan peradaban wlo pun tulisan blm dikenal..yg jelas kerajaan pertama ini msh ada smpe skrng wlo tidak berdaulat di Indonesia..eksisny dlm bntuk lain..trus kerajaan ptama ini adatny sngat kuat..dan pastiny unik didunia sekalipun..dan pmikiran kerajaan prtama ini lbh maju dibnding kerajaan lain berikutny yg tlalu menyembah raja itu primitif skali hal itu krn kerajaan berikutny lbh ke istilah mencontek kerajaan prtama yg ada..pdhl dikerajaan prtama keputusan dihsilkn dg musyawarah..raja adalh ketua pelaksana yg mnjamin putusan adat berjalan..krajaan ptama itu sdah demokrasi sprti skrng..kebngkitan kerajaan ini cukup ditakuti penguasa lho..ga cm skala nasional bhkn internasional..na jd ngerti kn ga bkal smua kalangan awam akn mnikmati misteri2 sejarah sprti ini..ya plingan yg tau tu generasi yg udah dipilih2in bwt mnjaga stabilitas td..ada 2 jenis generasiny..yg brusaha membangkitkn dan yg berusaha kerajaan itu ttp tnggelam dl..maaf lo sy nulisny kyk sms..ini kn pesan..

    ReplyDelete
  73. ini saya tambah lg mas.. ada satu kerajaan islam yg terlupakan, telah berdiri abad ke VII di sulawesi tengah nama kerajaannya ialah KERAJAAN BANGGAI berdiri sekitar 650 M, buktinya ialah makam FUADIN putra dari ADI SAKA salah satu raja banggai beliau wafat tahun 68 H..

    http://jalilmerenungihidup.blogspot.com/2014/04/kerajaan-banggai-yang-terlupak.html

    ReplyDelete
  74. kok kerajaan kandis kaya cerita yang dibuat-buat yah

    ReplyDelete
  75. Disini sdh jelas bahwa orang bernama FAUZI AMALO, org yg tdk mengerti sejarah, hanya besar mulut saja

    ReplyDelete

 

Sahabat

My Photo
Terima kasih telah berkunjung, senang bertemu dengan anda.

my friends

1stymnetworker.com
A
adifc.blogspot.com
adventureshomefamilytravel.blogspot.com
adwamm.blogspot.com
aguestri.co.cc
aiaenciel.blogspot.com
Media Ranah Jaya
aliemw.blogspot.com
alycutes.co.cc
amrusujud.blogspot.com
anaxkolonx.blogspot.com
andhikawardhana.blogspot.com
anggasona-anotherbestblog.blogspot.com
animanga-sign.blogspot.com
archv3nture.blogspot.com
ary-putra.blogspot.com
askmsrecipe.com
azzmie-ajach.blogspot.com
B
bagi-bagi-rejeki.co.cc
bahrinvicible.blogspot.com
bali-indonesia-tourism.com
bengkel-sehat.blogspot.com
bertoiastool.com
bilaqalbuberbicara.blogspot.com
blog2010hardi.blogspot.com
Media Ranah Jaya
blogarikayu.blogspot.com
blogcbox.blogspot.com
blogrevokeren.blogspot.com
blogsukadi.blogspot.com
brijakartaveteran.blogspot.com
boot-dh.blogspot.com
bringinfo.co.cc
butikbella.co.cc
buxbagptc.blogspot.com
C
cahayailmukomputer.com
cituzones.blogspot.com
clavsupclose.blogspot.com
clovercello.blogspot.com
Media Ranah Jaya
coklatchoc4u.blogspot.com
collection27.blogspot.com
Contactcustomerservicenow.com
cruel-kidz.blogspot.com
cuirast.blogspot.com
cyberdreambox.blogspot.com
cyberworlds.at.ua
D
deasy-world.blogspot.com
dede-spirit89.blogspot.com
delsajoesafira.blogspot.com
denchiel78.blogspot.com
deniacil.blogspot.com
Media Ranah Jaya
dhalboet-mumet.blogspot.com
dj-site.blogspot.com
downloadallulike.blogspot.com
donygol.blogspot.com
dphantomman.blogspot.com
E
edyworld.blogspot.com
electric-power-plant.blogspot.com
eloklangita.blogspot.com
emberde.co.cc
Media Ranah Jaya
empatmimpi.blogspot.com
etamgrecek.blogspot.com
F
fairyfha.blogspot.com
faisalrozi.blogspot.com
fajarbukan.blogspot.com
fallcash.net
finalkt3.blogspot.com
Media Ranah Jaya
finips.com
foolstars.blogspot.com
Free IT Ebooks
freedom-of-live.blogspot.com
freeportabledownload.blogspot.com
fonts-guru.blogspot.com
freeck.co.cc
G
gamutu.co.cc
gapbloger.blogspot.com
gerbangmini.co.cc
giant41.blogspot.com
Media Ranah Jaya
gwe-echa.blogspot.com
H
halamansamping.blogspot.com
healthy-withus.blogspot.com
heryanto-h2o.blogspot.com
historynasta.blogspot.com
Media Ranah Jaya
huyuh.blogspot.com
hwasso.ucoz.org
I
iammysuperhero.blogspot.com
icemap.org
impads.hpage.com
inamuth2.blogspot.com
infobuatkamu.co.cc
Media Ranah Jaya
informasibermanfaat.blogspot.com
informationofskincare.blogspot.com
inicuma.blogspot.com
intuisiblog.com
immodigitalstudio.blogspot.com
inovasibiz.com
intikali.blogspot.com
invidel.com
isdaryanto.com
it-internettech.co.cc
ita-agusdiary.blogspot.com
iwandah.blogspot.com
J
jakabanda.blogspot.com
jatipurno-jtp.blogspot.com
jepangsong.blogspot.com
jh3riz24.net
jocysworld.com
Media Ranah Jaya
joanbonney.com
joli.extra.hu
K
Kajian Islam
kintaro-kun.blogspot.com
klepeut.blogspot.com
kmeidiyanto.blogspot.com
Media Ranah Jaya
kompilasiku.blogspot.com
kristiyanashinta.blogspot.com
L
lembagapelatihan.blogspot.com
libujen89.blogspot.com
lifeandpersonality.info
Media Ranah Jaya
limacahaya.blogspot.com
live-record.co.cc
loveto-share.blogspot.com
lucyaman.blogspot.com
lylikemuzics.blogspot.com
M
mamanachman.blogspot.com
manajemenemosi.blogspot.com
mancagok.blogspot.com
mangacan.blogspot.com
Media Ranah Jaya
marvelousmotherhood.blogspot.com
matahari-pagi.com
Media Ranah Jaya
memikatcahaya.com
meriam-sijagur.com
meworldwords.blogspot.com
mikexplorer.1stymnetworker.com
mimi-moneyonline.blogspot.com
mixedfreshinfo.blogspot.com
mobilephoneandlifestyle.blogspot.com
monyet-nyasar.blogspot.com
mpthreelyrics.blogspot.com
musikgratissaja.blogspot.com
muzzymusthofa.blogspot.com
mybannermaker.com
mybeautyflash.blogspot.com
myguidestar.blogspot.com
myriadifa.com
N
nagapasha.blogspot.com
nak4michi.blogspot.com
narzis.net
naturaltoothpowder.blogspot.com
netsum.co.cc
newsspecials.blogspot.com
Media Ranah Jaya
nugroscom.blogspot.com
O
odahadma.blogspot.com
oempak.blogspot.com
om-rame.blogspot.com
opinibureto.blogspot.com
ordinaryblog.info
Media Ranah Jaya
originoflifestyle.blogspot.com
ozenks.blogspot.com
P
pakuban.co.cc
pariwisatadanteknologi.blogspot.com
party-zurka-fashion-music-sport.blogspot.com
Media Ranah Jaya
peluang-usaha-sendiri.blogspot.com
penghuni60.blogspot.com
phiefri.blogspot.com
pigvids.com
pongkring.blogspot.com
ponselhp.blogspot.com
punya-radenmas.blogspot.com
putrasangpejuang.blogspot.com
Q
R
rahmabasel.blogspot.com
rattlenetwork.blogspot.com
rendyriskianto.blogspot.com
republikmonitor.blogspot.com
Media Ranah Jaya
rezarenaldi.blogspot.com
rijaningrum.blogspot.com
rinda-holic.blogspot.com
rindas-template.blogspot.com
ririn.web.id
rismahutabarat.blogspot.com
roedy-workathome.blogspot.com
roza29.blogspot.com
ruangsc.blogspot.com
rumus-soal.blogspot.com
S
saidialhady.com
saktiyp.blogspot.com
salehali.blogspot.com
sarahsmart.co.cc
Media Ranah Jaya
satriyoku.blogspot.com
satuharisaja.blogspot.com
searchaplikasi.blogspot.com
sehat-mu.blogspot.com
selfesteemblogforwomen.blogspot.com
sensortransducer.blogspot.com
septyo-adi.blogspot.com
sh1rleyz.blogspot.com
simbakri.blogspot.com
siwok.blogspot.com
skincare.co.cc
T
talkinghammie.blogspot.com
TerGapteK.com
toplah.blogspot.com
Media Ranah Jaya
tovarossi.blogspot.com
tugala.blogspot.com
U
ultimate12.blogspot.com
ummiega.blogspot.com
umpukakahsig.blogspot.com
Media Ranah Jaya
unjabisnis.blogspot.com
uun-halimah.blogspot.com
V
W
wandhe-go.blogspot.com
warlordmedia.blogspot.com
warnatulisan.blogspot.com
wawan-friends.blogspot.com
Media Ranah Jaya
whitehackcommunity.co.cc
wirednotes.blogspot.com
woodenbeddesigns.com
X
Y
yanadzul.blogspot.com
yastyash.blogspot.com
yugiborneo.blogspot.com
yuliani89.blogspot.com
Media Ranah Jaya
yupzszone.blogspot.com
yuuddaa.blogspot.com
Z